Pengertian Saham Dan Contoh Pembelian Saham Terbaru

Pengertian Saham Dan Contoh Pembelian Saham Terbaru


Dana lebih itu ....Benar-benar dana nganggur, setelah dikurangi biaya kebutuhan sehari2, pendidikan, asuransi, dana cadangan (untuk keperluan darurat)....jadi jika sekali waktu terjadi sesuatu yang buruk pada investasi kita, kita tidak langsung bangkrut.

Ada banyak jenis investasi juga yang pernah kita ketahui. Namun semua jenis investasi memiliki resiko, hanya saja tingkat resikonya berbeda-beda.

Salah satu jenis investasi yang ada adalah Saham.

Apa itu saham ? Saham adalah suatu bukti kepemilikan sebagian dari seluruh asset dan berhak mendapatkan pembagan Deviden.

Pernahkah Anda membayangkan suatu hari akan memiliki sebuah Usaha/Bisnis yang besar dan dikenal oleh banyak orang ? Hmm....pernah, siapa yang tidak mau memiliki usaha sendiri.... J

1. Cara pertama .

 Jika membangun Restoran sendiri seperti tidak mungkin karena butuh biaya yang sangat besar untuk bisa membangun usaha, harus ada gedung, asset, karyawan, biaya produksi & biaya operasional. Butuh waktu juga supaya usahanya dikenal supaya memiliki sejumlah pelanggan. Berapa lamakah prosesnya? Tidak ada yang tau ....bisa 6 bulan....1 tahun....2 tahun....tidak ada yang tau juga apakah dapat berjalan dengan lancar ... akan berakhir dengan keuntungan atau kerugian.

2. Cara Kedua .

Atau dengan cara membeli “sebagian” dari hak kepemilikan sebuah Restoran yang sudah “running well” atau berjalan dengan baik, sudah berdiri sejak 10 20 tahun lalu......pastinya pelanggannya sudah banyak ya...dan keuntungannya tidak diragukan lagi J. Dan Saat perusahaan mendapatkan Laba, anda pun turut menikmati karena memang anda memiliki “sebagian hak kepemilikan” dari perusahaan tersebut.

Jika anda memilih cara yang kedua, anda hanya perlu membeli saham. Tinggal anda tentukan berapa anda ingin berapa lembar saham yang akan anda beli, oh ya ... harga yang di tampilkan di bursa memang harga perlembar saham tetapi disaham tidak jual perlembaran .... tapi dalam Lot, dimana 1 Lot = 500 Lembar. Artinya  jika anda ingin membeli saham, minimum yang anda harus miliki adalah 500 lembar ...tidak perlu terkejut dengan jumlah 500 lembar...karena harga perlembarnya bervariasi, ada yang Rp 100 sampai dengan  > Rp 50.000 perlembar, ya katakanlah pilih yang harganya Rp 20.000 /lembar

Artinya minimum dana yang harus anda miliki adalah Rp 20.000 x (1 Lot x 500 lembar ) = 10.000.000  itu perhitungan jika anda ingin memiliki hanya 1 lot . Tetapi jika anda ingin memiliki 20 lot  artinya Rp 20.000  x (20 Lot x 500) = Rp 200.000.000 . untuk perhitungan detailnya akan disampaikan di artikel selanjutnya Hak-hak pemegang saham.

Belajarinvestasi di sekolah saham ini berharap penjelasan diatas dapat membuat anda mengerti tentang apa itu saham  bahwa saham  juga adalab salah satu jenis investasi yang bisa dijadikan pilihan.....ada resiko? Tentu ada . tetapi juga ada cara meminimize resiko.

Untuk mengenal Tentang Investasi Saham lanjutkan bacaan anda, masuk ke artikel selanjutnya

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post