Customer Service, Tips Menghadapi Masalah dengan Customer Dengan Baik

Customer Service, Tips Menghadapi Masalah dengan Customer Dengan Baik


Customer Service, Tips Menghadapi Masalah dengan Customer – Di dalam sebuah perusahaan salah satu divisi yang sangat vital dan berhubungan langsung dengan customer adalah divisi customer service. Customer service, sesuai namanya, memiliki tugas pokok untuk melayani customer sesuai standart operational procedure  (SOP) perusahaan.

Seorang customer service haruslah memiliki jiwa melayani yang tinggi dan seharusnya memiliki tingkat kesabaran yang excellent, mengingat tugas utamanya adalah menghandle complain customer, iya, pastinya setiap customer yang menghubungi bagian customer service kebanyakan bertujuan untuk complain dan bertanya tentang produk atau service perusahaan dan setiap customer yang complain jarang sekali complain dengan nada yang halus, seringnya pasti dengan nada yang tinggi dan penuh kekesalan, disinilah peran seorang customer service sangat menentukan bagi citra perusahaan.

Customer service yang bisa melayani bagaimanapun komplain customer dan bisa menyelesaikannya dengan baik adalah seorang customer service yang bisa dikatakan berhasil dan bisa bekerja dengan baik, disini seorang customer service memang dituntut untuk memiliki tingkat service (melayani) yang tinggi, selain kesabaran yang tak terbatas.

Lantas bagaimana seharusnya sikap seorang customer service dalam menghadapi suatu masalah dengan customer ? berikut ini adalah beberapa sikap yang seharusnya dilakukan seorang customer service dalam menghadapi masalah dengan customer.

  1. Mendengar, Dengarkan apapun perkataan customer. seorang customer yang sedang komplain pasti dengan nada yang tinggi dan menginginkan semua permintaannya dituruti, untuk itu dengarkan dengan seksama, jangan sampai salah mengartikan komplain customer dan memenuhi keinginannya. Apabila ternyata perusahaan tidak mampu memenuhi keinginan customer, minta maaf dan tawarkan alternatif lain yang sesuai dengan kemampuan perusahaan, satu hal, jangan sampai menjanjikan sesuatu diluar kemampuan perusahaan.
  2. Plan B, Setiap berhadapan dengan customer yang bermasalah seorang customer service seharusnya selalu memiliki plan B (rencana cadangan) untuk berjaga jaga agar tidak gelagapan apabila semua berjalan tidak sesuai dengan yang direncanakan. 
  3. Positive Thinking, Seorang customer service yang baik selalu berpikiran positif dalam menjalankan tugasnya, memang sulit positive thinking in around negative situation akan tetapi justru disinilah tantangannya, jangan sampai seorang customer service ikut ikutan terbawa sikap negatif customer.
  4. Kepala Dingin, Hadapi semua masalah customer dengan kepala dingin, jangan sampai terbawa emosi atau dengan muka cemberut, tetap dingin dan tersenyumlah, ingatlah bahwa api pasti akan padam bila tersiram air dan besi juga akan tenggelam dalam air maka jadilah seperti air.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post