Bagaimana Mengiklankan Produk Secara Efektif dengan Biaya Minimal (I)

Bagaimana Mengiklankan Produk Secara Efektif dengan Biaya Minimal (I)


Bagaimana Mengiklankan Produk Secara Efektif dengan Biaya Minimal - Periklanan merupakan salah satu hal yang paling sensitif bagi para pengusaha yang baru memulai usahanya. Kebanyakan dari mereka yang baru memulai bisnisnya merasa bahwa mereka harus mengeluarkan budget/biaya yang tidak sedikit yang khusus dianggarkan untuk biaya periklanan, padahal kebanyakan dari para pengusaha itu belum memiliki keuntungan yang stabil atau bahkan kebanyakan masih mengalami kerugian pada awal awal usahanya.

Oleh karena itulah advertising atau periklanan menjadi salah satu issue yang sensitif bagi para pengusaha yang baru memulai usahanya. Ada semacam dilema dikalangan para pebisnis pemula, disatu sisi mereka harus mengeluarkan biaya periklanan yang tidak sedikit dan disisi lain mau tidak mau, suka tidak suka,  mereka harus mengenalkan bisnis dan produknya kepada masyarakat luas melalui sistem periklanan.

Bagi para pebisnis yang memiliki modal awal besar tentu hal ini tidak menjadi masalah yang serius, tinggal bagaimana mereka merancang sistem periklanan yang efektif dan berkesinambungan dan sesuai dengan target market yang diincar, tapi bagaimana dengan mereka yang memiliki modal sangat terbatas atau bahkan tidak memiliki budget untuk biaya periklanan ? Apakah mereka harus pasrah begitu saja menjalankan bisnisnya tanpa periklanan sama sekali, atau harus memaksakan diri untuk mencari budget tambahan sebagai biaya iklan dengan berhutang ? hmmm…..

Di era informasi seperti saat ini, dimana segala macam informasi bisa mengalir secara bebas dan secepat kilat tersebar ke berbagai belahan penjuru dunia..he..he..sedikit agak lebay, eh tapi emang bener, seharusnyaiklan tidak lagi menjadi sesuatu yang mahal. Dengan sedikit kreatifitas dan imajinasi, seharusnya para pebisnis pemula tidak lagi bingung soal bagaimana menawarkan bisnis atau produknya kepada masyarakat luas.

1. Dengan 50 juta pengguna internet di Indonesia dan masih akan terus bertambah, merupakan sasaran yang menggiurkan untuk  mengenalkan bisnis dan produk kita, dengan biaya yang sangat terjangkau atau bahkan hanya dengan sedikit kreatifitas, kita bisa beriklan secara gratis melalui internet.

2. Informasi merupakan hal yang paling dicari saat ini, selain media internet, kita bisa mengenalkan produk dan bisnis kita melalui media radio, televisi atau surat kabar melalui program program wawancara yang biasanya dimiliki oleh berbagai media2 tersebut. Dengan memberikan presentasi yang menarik  kepada pihak media bahwa bisnis atau produk anda pasti akan menarik bagi para audience media tersebut, kita bisa minta program atau sesi khusus untuk wawancara dan mengenalkan bisnis atau produk kita. Untuk awal biasanya media radio dan surat kabar lokal sangat antusias untuk hal ini. Melalui program wawancara dengan media radio atau surat kabar lokal ini kita bisa mengenalkan bisnis kita dengan biaya yang sangat terjangkau atau bahkan gratis dan justru kita bisa dibayar sebagai narasumber.

3.  Cara lain untuk mengiklankan produk dengan biaya yang sangat murah adalah melalui berbagai media yang ada disekitar kita, termasuk beriklan di papan periklanan yang tersedia di minimarket minimarket yang kini banyak tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Dengan membuat brosur yang terisi informasi yang tepat dan dengan penyebaran yang tertarget juga bisa menjadikan produk kita banyak dikenal orang.

Dari tiga poin diatas terlihat bahwa periklanan bukan lagi menjadi sesuatu hal yang harus dibingungkan oleh para pengusaha pemula, dengan sedikit kreatifitas mereka bisa mengenalkan produk dan bisnisnya kepada masyarakat luas dengan biaya yang sangat terjangkau.

Masih ada beberapa poin lagi yang bisa kita lakukan untuk beriklan dengan low cost high impact, yang akan saya tulis di post berikutnya.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post