Nama dan Nasabnya
Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (Habib
Luthfi) dilahirkan di Pekalongan tepatnya pada tanggal 10 November
1946 atau pada tanggal 27 Rajab tahun 1367 H. Habib
Luthfi ini dilahirkan dari seorang Syarifah yang bernama sayidah al
Karimah as Syarifah Nur. Habib
Luthfi Bin Yahya ini selain sebagai seorang Ulama, beliau juga aktif
dalam organisasi Nahdlatul Ulama sebagai salah satu anggota Syuriyah PBNU.
Selain aktif sebagai salah satu anggota Syuriyah PBNU, beliau
juga merupakan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia di Jawa Tengah. Selain itu,
beliau juga adalah Ra’is ‘Am jam’iyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah.
Riwayat pendidikan Habib
Luthfi, terutama mengenai pendidikan agama, tentu saja beliau mendapatkan
ilmu agama Islam dari ayahanda tercintanya yaitu al Habib al Hafidz ‘Ali al
Ghalib. Setelah mendapatkan pelajaran agama dari Ayahanda, Habib
Luthfi bin Yahya kemudian melanjutkan pendidikannya di Madrasah
Salafiah selama tiga tahun.
Nasab Jalur Ibu
Dilahirkan dari seorang syarifah, yang memiliki nama dan
nasab: sayidah al Karimah as Syarifah Nur binti Sayid Muhsin bin Sayid Salim
bin Sayid al Imam Shalih bin Sayid Muhsin bin Sayid Hasan bin Sayid Imam ‘Alawi
bin Sayid al Imam Muhammad bin al Imam ‘Alawi bin Imam al Kabir Sayid Abdullah
bin Imam Salim bin Imam Muhammad bin Sayid Sahal bin Imam Abd Rahman Maula
Dawileh bin Imam ‘Ali bin Imam ‘Alawi bin Sayidina Imam al Faqih al Muqadam bin
‘Ali Bâ Alawi.
Nasab Jalur Ayah
Nabi Muhammad Saw
Sayidatina Fathimah az-Zahra + Amirul Mukminin Ali bin Abi
Thalib
Imam Husein ash-Sibth
Imam Ali Zainal Abiddin
Imam Muhammad al-Baqir
Imam Ja’far Shadiq
Imam Ali al-Uraidhi
Imam Muhammad an-Naqib
Imam Isa an-Naqib ar-Rumi
Imam Ahmad Al-Muhajir
Imam Ubaidullah
Imam Alwy Ba’Alawy
Imam Muhammad
Imam Alwy
Imam Ali Khali Qasam
Imam Muhammad Shahib Marbath
Imam Ali
Imam Al-Faqih al-Muqaddam Muhammd Ba’Alawy
Imam Alwy al-Ghuyyur
Imam Ali Maula Darrak
Imam Muhammad Maulad Dawileh
Imam Alwy an-Nasiq
Al-Habib Ali
Al-Habib Alwy
Al-Habib Hasan
Al-Imam Yahya Ba’Alawy
Al-Habib Ahmad
Al-Habib Syekh
Al-Habib Muhammad
Al-Habib Thoha
Al-Habib Muhammad al-Qodhi
Al-Habib Thoha
Al-Habib Hasan
Al-Habib Thoha
Al-Habib Umar
Al-Habib Hasyim
Al-Habib Ali
Al-Habib Muhammad Luthfi
Menempuh Pendidikan
Setelah memperoleh didikan langsung dari kedua orangtuanya, pada usia 12 tahun
Luthfi kecil mulai mengembara mencari ilmu.
Pada usia itu ia ikut pamannya (Pakde), Habib Muhammad di Indramayu Jabar.
Sejak itu ia keluar masuk pesantren. Tak lama nyantri di Bondokerep Cirebon,
Yik Luthfi mendapatkan beasiswa belajar ke Hadramaut. Tiga tahun di sana, ia
kembali ke tanah air, nyantri lagi ke sejumlah pesantren, yaitu Ponpes Kliwet
Indramayu, Tegal (Kiai Said), Purwokerto (Kiai Muhammad Abdul Malik Bin
Muhammad Ilyas Bin Ali).
Beliau juga pernah berguru kepada seorang ulama besar asal
Lasem Rembang, Kiai/Mbah Ma’shum. Selanjutnya, pada usia remaja ia dinikahkan
dengan seorang gadis yang masih tergolong kerabat (satu fam), yaitu Syarifah
Salma binti Hasyim bin Yahya. Dari pernikahan itu lahir dua orang anak
laki-laki dan tiga perempuan, yaitu Syarif Muhammad Bahauddin, Syarifah Zaenab,
Syarifah Fathimah, Syarifah Ummi Hanik dan Syarif Husain.
Pendidikan pertama Maulana Habib
Luthfi diterima dari ayah al Habib al Hafidz ‘Ali al Ghalib. Selanjutnya
ia belajar di Madrasah Salafiah. Guru-gurunya di Madrasah itu di antaranya:
Al-'Alim al ‘Alamah Sayid Ahmad bin ‘Ali bin Al Alamah al
Qutb As Sayid ‘Ahmad bin Abdullah bin Thalib al Athas
Sayid al Habib al ‘Alim Husain bin Sayid Hasyim bin Sayid
Umar bin Sayid Thaha bin Yahya (pamannya sendiri)
Sayid al ‘Alim Abu Bakar bin Abdullah bin ‘Alawi bin Abdullah
bin Muhammad al ‘Athas Bâ ‘Alawi
Sayid ‘Al Alim Muhammad bin Husain bin Ahmad bin Abdullah bin
Thalib al ‘Athas Bâ ‘Alawi.
Dari guru-guru tersebut ia mendapat ijazah Khas (khusus), dan
juga ‘Am (umum) dalam Da’wah dan nasyru syari’ah (menyebarkan syari’ah),
thariqah, tashawuf, kitab-kitab hadits, tafsir, sanad, riwayat, dirayat, nahwu,
kitab-kitab tauhid, tashwuf, bacaan-bacaan aurad, hizib-hizib, kitab-kitab
shalawat, kitab thariqah, sanad-sanadnya, nasab, kitab-kitab kedokteran. Dan ia
juga mendapat ijazah untuk membai’at.
Silsilah Thariqah dan Baiat
Al Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Yahya mengambil thariqah dan hirqah
Muhammadiah dari para tokoh ulama. Dari guru-gurunya ia mendapat ijazah untuk
membaiat dan menjadi mursyid. Di antara guru-gurunya itu adalah: 1.
Thariqah Naqsyabandiah Khalidiyah dan Syadziliah al ‘Aliah Dari Al Hafidz
al Muhadits al Mufasir al Musnid al Alim al Alamah Ghauts az Zaman Sayidi Syekh
Muhammad Ash’ad Abd Malik bin Qutb al Kabir al Imam al Alamah Sayidi Syekh
Muhammad Ilyas bin Ali bi Hamid
Sanad Naqsyabandiayah al-Khalidiyah
Sayidi Syekh ash’ad Abd Malik dari bapaknya Sayidi Syekh
Muhammad Ilyas bin Ali bi Hamid dari Quth al Kabir Sayid Salaman Zuhdi dari
Qutb al Arif Sulaiman al Quraimi dari Qutb al Arif Sayid Abdullah Afandi dari
Qutb al Ghauts al Jami’ al Mujadid Maulana Muhammad Khalid sampai pada Qutb al
Ghauts al Jami’ Sayidi Syah Muhammad Baha’udin an Naqsyabandi al Hasni.
Syadziliyah
Dari Sayidi Syekh Muhammad Ash’Ad Abd Malik dari al Alim al
al Alamah Ahmad an Nahrawi al Maki dari Mufti Mekah-Madinah al Kabir Sayid
Shalih al Hanafi ra. 2. Thariqah al ‘Alawiya al ‘Idrusyiah al ‘Atha’iyah
al Hadadiah dan Yahyawiyah:
Dari al Alim al Alamah Qutb al Kabir al Habib ‘Ali bin Husain
al ‘Athas.
Afrad Zamanihi Akabir Aulia al Alamah al habib Hasan bin Qutb
al Ghauts Mufti al kabir al habib al Iamam ‘Utsman bin Abdullah bin ‘Aqil bin
Yahya Bâ ‘Alawi.
Al Ustadz al kabir al Muhadits al Musnid Sayidi al Al Alamah
al Habib Abdullah bin Abd Qadir bin Ahmad Bilfaqih Bâ ‘Alawi.
Al Alim al Alamah al Arif billah al Habib Ali bin Sayid Al
Qutb Al Al Alamah Ahmad bin Abdullah bin Thalib al ‘Athas Bâ ‘Alawi.
Al Alim al Arif billah al Habib Hasan bin Salim al ‘Athas
Singapura.
Al Alim al Alamah al Arif billah al Habib Umar bin Hafidz bin
Syekh Abu Bakar bin Salim Bâ ‘Alawi.
Dari guru-guru tersebut ia mendapat ijazah menjadi mursyid,
hirqah dan ijazah untuk baiat, talqin dzikir khas dan ‘Am.
3. Thariqah Al Qadiriyah an Naqsyabandiyah:
Dari Al-Alim Al-Alamah tabahur dalam Ilmu syaria’at,
thariqah, hakikat dan tashawuf Sayidi al Imam ‘Ali bin Umar bin Idrus bin Zain
bin Qutb al Ghauts al Habib ‘Alawi Bâfaqih Bâ ‘Alawi Negara Bali. Sayid Ali bin
Umar dari Al Alim al Alamah Auhad Akabir Ulama Sayidi Syekh Ahmad Khalil bin
Abd Lathif Bangkalan. ra.
Dari kedua gurunya itu, Al-Habib Muhammad Luthfi mendapat
ijazah menjadi mursyid, hirqah, talqin dzikir dan ijazah untuk bai’at
talqin. Jami’uthuruq (semua thariqat) dengan sanad dan silsilahnya: Al-Imam
Al-Alim Al-Alamah Al-Muhadits al Musnid al Mufasir Qutb al Haramain Syekh
Muhammad al Maliki bin Imam Sayid Mufti al Haramain ‘Alawi bin Abas al Maliki
al Hasni al Husaini Mekah. Darinya, Maulana Habib
Luthfi mendapat ijazah mursyid, hirqah, talqin dzikir, bai’at khas,
dan ‘Am, kitab-kitab karangan syekh Maliki, wirid-wirid, hizib-hizib,
kitab-kitab hadits dan sanadnya.
4. Thariqah Tijaniah:
Al Alim al Alamah Akabir Aulia al Kiram ra’su al Muhibin Ahli
bait Sayidi Sa’id bin Armiya Giren Tegal. Kiyai Sa’id menerima dari dua
gurunya; pertama Syekh’Ali bin Abu Bakar Bâsalamah. Syekh Ali bin Abu Bakar
Bâsalamah menerima dari Sayid ‘Alawi al Maliki. Kedua Syekh Sa’id menerima
langsung dari Sayid ‘Alawi al Maliki.
Dari Syekh Sa’id bin Armiya itu Maulana Habib
Luthfi mendapat ijazah, talqin dzikir, dan menjadi mursyid dan ijazah
bai’at untuk khas dan ‘Am.
95 GURU HABIB
LUTHFI BIN YAHYA
1. Habib Ali bin Hasyim bin Umar Bin Yahya (ayah),
2. Habib Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Abdullah bin Thalib Alattas (Pekalongan),
3. Habib Husein bin Hasyim bin Umar Bin Yahya (Pekalongan),
4. Habib Abubakar bin Abdullah Alattas (Pekalongan),
5. Habib Hamid al-Habsyi,
6. Syaikh Ahmad bin Mahfudz,
7. Habib Muhammad bin Husein bin Ahmad bin Abdullah bin Thalib Alattas
(Pekalongan),
8. Syaikh Muhammad Kaukab bin Muslim (Benda Kerep Cirebon),
9. Syaikh Muhtadi bin Muslim (Benda Kerep Cirebon),
10. Syaikh Arsyad bin Muhammad Amin (Benda Kerep Cirebon)
11. Syaikh Muhammad Bajuri (Sudimampir Balongan Indramayu)
12. Syaikh Masyhadi bin Muslim bin Utsman (Karangampel Indramayu),
13. Habib Sholeh bin Abdullah al-Hinduan (Karangampel Indramayu),
14. Habib Abubakar bin Abdullah Ba’abud (Indramayu),
15. Habib Alwi bin Yusuf bin Ahmad Bin Yahya (Indramayu),
16. Habib Muhammad bin Thoha bin Umar Bin Yahya (Indramayu),
17. Habib Muhammad bin Hasyim bin Umar Bin Yahya (Kliwed Kertasemaya
Indramayu),
18. Habib Syaikh bin Abubakar bin Syaikhan Bin Yahya (Jagasatru Cirebon),
19. Habib Muhammad bin Umar bin Abubakar Bin Yahya (Pegagan Palimanan Cirebon)
20. Habib Ahmad bin Ismail Bin Yahya (Jenun Arjawinangun Cirebon),
21. Habib Umar bin Ismail Bin Yahya (Panguragan Cirebon),
22. Habib Ibrahim bin Ismail Bin Yahya (Gegesik Cirebon),
23. Habib Idrus bin Muhammad bin Idrus al-Habsyi (Cirebon),
24. Habib Ali bin Husein Alattas (Cikini Jakarta),
25. Habib Umar bin Hud Alattas (Jakarta),
26. Habib Ali bin Ahmad bin Abdullah bin Thalib Alattas (Pekalongan),
27. Habib Yahya bin Hasyim bin Umar Bin Yahya (Pekalongan),
28. Habib Abdullah bin Salim Maulachelah (Pekalongan),
29. Habib Zain bin Ali al-Jufri (Semarang),
30. Habib Idrus bin Muhammad Assegaf (Semarang),
31. Habib Anis bin Alwi bin Ali al-Habsyi (Solo),
32. Habib Abdul Qadir bin Abdurrahman Assegaf (Solo),
33. Habib Umar bin Abdul Qadir Alaydrus (Solo),
34. Habib Ahmad bin Ali Bafaqih (Tempel Sleman Jogjakarta),
35. Habib Umar bin Thoha Bin Yahya (Surabaya),
36. Habib Muhammad bin Idrus al-Habsyi (Surabaya),
37. Habib Sholeh bin Muhsin al-Hamid (Tanggul Jember),
38. Habib Muhsin bin Hadi al-Hamid (Beran),
39. Habib Abdullah bin Abdul Qadir Bilfaqih (Malang),
40. Habib Hasan bin Utsman Bin Yahya,
41. Habib Utsman bin Alwi bin Utsman Bin Yahya (Jakarta),
42. Habib Muhammad bin Aqil Bin Yahya (Jakarta),
43. Habib Ahmad bin Muhammad al-Haddad (Jakarta),
44. Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf (Mekkah),
45. Habib Ahmad Masyhur al-Haddad (Tarim Yaman),
46. Syekh Sa’duddin al-Halabi ad-Dimasyqi (Mekkah),
47. Habib Muhammad bin Alwi al-Maliki (Mekkah),
48. Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz Bin Syaikh Abubakar bin Salim (Tarim
Yaman),
49. Habib Zain bin Ibrahim bin Smith (Madinah),
50. Habib Muhammad bin Alwi al-Habsyi (Tarim Yaman),
51. Habib Hasan bin Salim Alattas (Singapura),
52. Syaikh Abdullah al-Faqih bin Umar al-Khathib (Singapura),
53. Habib Ali bin Umar Bafaqih (Negara Bali),
54. Habib Muhammad al-Qadhi al-Kaf (Tegal),
55. Habib Hasan bin Husein bin Muhammad al-Haddad (Tegal),
56. Habib Muhammad bin Ali bin Thoha al-Haddad (Tegal),
57. Habib Aqil bin Abdullah Bin Yahya (Kadipaten Majalengka),
58. Syaikh Muhammad bin Abdullah Haujah (Semarang),
59. Habib Idrus bin Abubakar al-Habsyi (Surabaya),
60. Syarifah Zahra binti Abubakar bin Umar Bin Yahya (Surabaya),
61. Syarifah Khadijah binti Hasyim Bin Yahya (Pekalongan),
62. Syarifah Syaikhun binti Syaikh bin Alwi Bin Yahya (Jakarta),
63. Syaikh Abdullah bin Nuh (Bogor),
64. Syaikh Mahfudz bin Anwar (Blado Pekalongan),
65. Syaikh Ali Bamahramah,
66. Habib Hamid bin Muhammad al-Hanafi bin Salim Bin Yahya (Mekkah),
67. Habib Muhammad bin Aqil Bin Yahya (Sokaraja Purwokerto),
68. Sayyid Syaikh Muhammad Abdul Malik bin Ilyas (Kedung Paruk Purwokerto),
69. Syaikh Muzni (Karangcengis Ajibarang Banyumas),
70. Syaikh Ali bin Abubakar Basalamah (Jatibarang Brebes),
71. Syaikh Manshur bin Nawawi (Kalimati Tegal),
72. Syaikh Suhrawardi bin Nawawi (Tegal),
73. Syaikh Said bin Armia (Giren Tegal),
74. Syaikh Abdul Jamil (Pemalang),
75. Syaikh Muhammad Dimyathi bin Nashir (Comal Pemalang),
76. Syaikh Muhammad Nur (Walangsanga Moga Pemalang),
77. Syaikh Muhammad Sholeh Madyani (Kebagusan Comal Pemalang),
78. Syaikh Abdul Fattah bin Thohir (Kradenan Bangkalan),
79. Syaikh Irfan (Kertijayan Pekalongan),
80. Syaikh Ahmad Mudzakir bin Fadholi (Pekalongan),
81. Syaikh Ru’yah (Kaliwungu Kendal),
82. Syaikh Muhammad Ma’shum (Lasem Rembang),
83. Syaikh Abdullah Salam (Kajen Pati),
84. Syaikh Abdullah Hadziq bin Hasbullah (Jepara),
85. Habib Ali bin Muhammad bin Syihab,
86. Habib Salim bin Abdullah asy-Syathiri (Tarim Yaman),
87. Habib Ali bin Muhammad bin Abdul Qadir Assegaf (Tuban),
88. Sayyid Afifuddin al-Jilani,
89. Sayyid Syaikh Muhammad Nadzim Adil al-Haqqani (Siprus),
90. Syaikh Muhammad bin Abdul Bari Tegal,
91. Syaikh Zuhdi (Cikura Tegal),
92. Syaikh Rais bin Armia (Cikura Tegal),
93. Syaikh Utsman Abid al-Bamawi asy-Syadzili,
94. Habib Aqil bin Muhammad Ba’abud (Purworejo), dan
95. Habib Abu Bakar al-‘Adni bin Ali al-Masyhur (Tarim Yaman).
KEGIATAN HABIB
LUTHFI BIN YAHYA
Kegiatan Dan Aktifitas Habib
Luthfi Bin Yahya
Pengajian Thariqah tiap Jum’at Kliwon pagi (Jami’ul Usul
Thariq al-Aulia).
Pengajian Ihya 'Ulumidin tiap Selasa malam.
Pengajian Fath al-Qarib tiap Rabu pagi (Khusus untuk
ibu-ibu).
Pengajian Ahad pagi, pengajian thariqah (Khusus ibu-ibu).
Pengajian tiap bulan Ramadhan (Untuk santri tingkat Aliyah).
Da’wah ilallah berupa umum di berbagai daerah di Nusantara.
Rangakain Maulid Kanzus (lebih dari 60 tempat) di kota
Pekalongan dan daerah sekitarnya. Dan kegiatan lainnya.
Peranan Habib Muhammad Luthfi bin Yahya dalam organisasi
MATAN Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al Mu'tabaroh An
Nahdliyyah (MATAN) adalah organisasi tarekat untuk kalangan mahasiswa yang
diprakarsai oleh Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya Pekalongan
Ro'is 'am JATMAN (Jamiyyah Ahlith Thariqah Al
Mu'tabarah An Nahdliyyah) yang berafiliasi kepada organisasi Islam Nahdlatul
Ulama. Jabatan Organisasi Habib
Luthfi Bin Yahya
Pekerjaan:
1. Rais Am Jam’iyyah Ahlith ath-Thariqah al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah 2005-2010
(periode kedua)
2. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah (2005-2010)
3. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kota Pekalongan (2005-2010)
4. Paguyuban Antar Umat Beriman (Panutan) Kota Pekalongan
AKRAB DENGAN SEMUA KALANGAN
Meski secara nasab beliau keturunan Nabi Muhammad, tak pernah
sedikit pun ada rasa sombong, meremehkan orang lain, termasuk non Arab (‘ajam).
Selain didikan keluarga, sejumlah kiai yang pernah menjadi gurunya turut andil
besar dalam mencetak kepribadiannya.
“Abahnya, Habib Ali juga pernah nyantri pada Mbah Sholeh
Darat (Semarang).
Jadi dalam keluarga beliau tak ada lagi istilah Arab-non
Arab.
Seperti difirmankan Allah, yang penting kadar ketakwaannya.
Hal ini pun ditanamkan Abah pada beberapa habaib yang lebih yunior,” kata Kiai
Zakaria.
Dari sini tak mengherankan jika dalam kehidupan sehari-hari
Abah selalu menggunakan bahasa Jawa, bukan Indonesia apalagi Arab. Baik kepada
santri maupun tamu yang dikenalnya. “Abah itu sudah njawani (cenderung Jawa),
bukan habib yang eksklusif. Semua orang dan kalangan merasa dekat dengan
beliau, karena Abah tak suka penghormatan yang berlebihan. Berapa pun jumlah
orang yang ingin bersalaman, dilayani. Beliau malah tidak suka pengawalan
khusus. Beliau sangat egaliter, merakyat,” timpal salah seorang dekatnya.
Tamu Habib memang datang dari berbagai kalangan, mulai dari
pejabat pemerintah, anggota dewan, pengusaha, seniman, artis hingga rakyat
jelata. Namun begitu beliau tak pernah membeda-bedakan. Dengan tekun Habib
mendengarkan satu persatu permasalahannya untuk kemudian memberikan solusinya,
sehingga mereka pun pulang dengan perasaan puas. Habib
Luthfi memang seorang yang dikenal ‘gampangan’, tidak suka ruwet,
apalagi neko-neko. Rumahnya 24 jam siap menerima tamu, dari orang biasa sampai
pejabat. “Lha, pernah Bapak Kapolwil bertamu ke sini, malah diajak ikut rapat
panitia maulid di luar. Terang saja panitianya yang kalang kabut. Tapi justru
di situ nampak tidak ada perbedaan,” sambung Zakaria tertawa kecil.
Beliau pun tak segan-segan ikut mengatur hal-hal yang
dinilainya belum beres, secara spontan. Misalnya mengatur barisan yang sulit
diatur (untuk itu beliau rela turun dari panggung, meninggalkan para undangan
dan tamu terhormat). Ketika seluruh warga Pekalongan disibukkan dengan
digelarnya Pekan Batik Internasional, pada saat acara seremonial pembukaan, di
mana Wakil Presiden hadir, justru Habib
Luthfi memilih pergi ke Surabaya, menjadi penceramah pada peringatan
haul Sunan Ampel. “Bukan apa-apa. Undangan dari panitia haul Ampel sudah lama,
jauh hari sebelum undangan Pekan Batik datang,” ujar Zakaria.
Bahkan beberapa saat lalu, beliau rela harus bolak-balik
Pekalongan-Semarang, demi menghadiri undangan santrinya yang kebetulan bekas
napi, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. “Jadi Abah sangat menjaga. Terlebih
yang mengundang adalah mantan pentolan bromocorah, yang kemudian insaf dan
minta diaku santri oleh Abah. Makanya Abah begitu memperhatikan. Sampai-sampai
begitu masuk Jawa Tengah, beliau dikawal dari Polwil. Selain dalam rangka
menyenangkan orang (idkhalus surus), itu juga menjaga nama baik sang santri di
depan masyarakat setempat,” jelas Zakaria.
Untuk itu yang mengherankan sekaligus membanggakan adalah
kondisi fisik Habib
Luthfi yang selalu fit meski sebagian besar waktunya terpakai untuk
pergi keluar kota, demi dakwah Islam, khususnya tarekat. “Abah fisiknya luar
biasa, jarang sakit meski aktivitasnya cukup tinggi, padahal makan saja tidak
teratur,” komentar Ketua PCNU Kota Pekalongan H. Abul Mafachir suatu ketika,
sembari menjelaskan kekagumannya, “Habib itu betah duduk berjam-jam hanya untuk
sekadar ngobrol dengan para tamunya. Malah kadang, tamunya itu tidak beliau
kenal,” tambahnya.
Selama 40 tahun menjadi santri Habib, imbuhnya, hal yang
patut ditiru adalah keikhlasannya. “Habib
Luthfi tidak pernah membeda bedakan asal muasal santri. Sehingga
ratusan tamu yang datang kediamannya setiap hari, selalu dilayani dengan sabar
dan penuh kesungguhan. Kadang mereka harus menunggu berhari-hari jika Habib
sedang berada di luar kota,” ujarnya.
Hinggi kini, tak sedikit jabatan dan kedudukan yang diembankan ke pundaknya.
Tapi itu semua tak membuat Habib merasa capek, merasa berat apalagi merasa
terbebani. Jabatan yang pernah dan sedang disandangnya adalah Ketua Umum MUI
Kota Pekalongan, sekaligus Ketua Umum MUI Jawa Tengah. Beliau juga dipercaya
menjadi penasihat utama KBIH Assalamah Pekalongan. Di samping seorang mursyid
tarekat Syadzaliyah, beliau juga didaulat menjadi Mudir Aam dari Ahlit Thariqah
al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (salah satu Badan Otonom NU) selama dua periode,
yaitu sejak 2000-2010 (Secara kebetulan, kedua Muktamar yang menghasilkan
keputusan itu digelar di Pekalongan).
Selain itu, beliau membentuk PANUTAN (Paguyuban antar Umat
Beragama Pekalongan), dan kemudian dipercaya menjadi ketuanya. Ini dilakukan
melihat Pekalongan adalah satu daerah yang rawan konflik. Dikisahkan, saat
terjadi aksi perusakan dan pembakaran rumah serta fasilitas lainnya miliki
keturunan Cina di Pekalongan dua puluh tahun silam (tepatnya pada 20 Nopember
1995), semua kiai Pekalongan angkat tangan. Maklum saja, pemicunya adalah
dirobek-robeknya Al-Qur’an oleh salah seorang keturunan Cina, yang kemudian
diketahui bahwa orang itu mengalami gangguan jiwa.
Pada saat genting itulah, di saat semua tokoh kewalahan,
bahkan tak mampu mengatasi keadaan, Habib
Luthfi tampil dengan pernyataan singkatnya: “Saya tidak ridla kalau
santri saya ikut-ikutan aksi perusakan itu.” Pada saat itu banyak kiai
tersentak.”Gimana tidak kaget? Habib
Luthfi membuat langkah yang melawan arus,” komentar Zakaria sambil
membuka buku hariannya yang mengisahkan kejadian itu. Tapi nampaknya ungkapan
beliau yang singkat itu sangat mujarab. Sejak itu, berangsur-angsur kondisi
keamanan Kota Pekalongan kembali membaik.
Kalau kemudian Habib
Luthfi dipercaya memegang banyak jabatan, itu karena dalam dirinya
tertanam kepribadian sebagai muslim ideal. Selain memiliki jiwa kepimimpinan,
beliau dikenal memiliki kapasitas keilmuan tinggi, termasuk ilmu pengetahuan
umum Dikisahkan, suatu ketika beliau diminta memberi ceramah agama dalam acara
berkaitan dengan dunia pertanian. Ternyata yang disampaikan bukan hanya ilmu
agama, tetapi juga ilmu pertanian. “Sampai orang dinas pertanian
terkagum-kagum, bahkan lalu bertanya bagaimana caranya menyuburkan kembali
tanah yang terlanjur kering,” kisah Zakaria. Maka, Habib pun menjelaskan
solusinya, lengkap dengan referensi ilmiah dalam ilmu pertanian. Begitu juga
bidang-bidang lainnya, seperti perikanan.
Dalam satu kesempatan beliau menandaskan, baginya jabatan
merupakan amanah dan tidak bisa diminta-minta. Kalau dipercaya menduduki
jabatan, di mana pun tempatnya, dirinya menyatakan siap. Tidak harus jadi
ketua, sehingga kalau tidak jadi orang nomor satu, emoh menjabat.. Artinya,
pengabdian dan perjuangan dapat dilakukan seseorang sesuai dengan kemampuannya
masing-masing.
Post a Comment