Ini Bedanya China ,Taiwan ,Hongkong ,dan Macau

 

    Di dunia ini ada banyak nama negara yang masih membuat kita bingung. Beberapa di antaranya adalah China atau Tiongkok, Taiwan, Hong Kong dan Macau. Meski sudah sering mendengar nama-nama tersebut, masih banyak yang bingung membedakannya. Berikut ini ane akan mengulas perbedaan China, Hong Kong, Macau, Taiwan .

1. China (PRC in eng, RRC in B Indo)

    China dikuasai oleh pemerintahan dinasti sejak 4000 tahun. Tetapi China menjadi negara Republik sejak tahun 1912 dengan nama lengkap Republic of China (ROC) setelah Tongmenghui berhasil menjatuhkan Dinasti Qing. Lalu China berganti nama lagi menjadi People's Republic of China (PRC) setelah kubu komunis berhasil mengalahkan pemerintah (ROC), dan pemerintah ROC berhasil kabur ke Pulau Taiwan. Baik Taiwan, Hong Kong, dan Macau, menyebut negara ini sebagai mainland (tanah daratan).

    Memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia menjadikan China sebagainegara penganut ideologi komunis terbesar didunia. China menganut sistem ekonomi sosialis dan memiliki mata uang bernama Yuan. Negara yang ibu kotanya berada di Beijing ini memiliki nama lengkap People’s Republic of China

2. Taiwan (ROC)

    Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pemerintah ROC kabur ke Pulau Formosa (Taiwan) dan mereka tetap berdiri sampai sekarang. Kasus China (RRC) dan Taiwan (ROC) sama seperti Korea Selatan vs Korea Utara.

    Taiwan dan China berpisah sejak perang saudara meletus di wilayah mainland (RRC). Hasil dari perang itu, Partai Komunis menang dan menguasai Mainland. Sementara yang kalah, Partai Nasionalis atau yang biasa disebut Kuomintang, pergi ke Pulau Formosa (yang belum dikuasai RRC) dan melanjutkan kekuasaan pemerintahan ROC. Taiwan memiliki pemerintahan sendiri sejak 1912, memiliki bendera sendiri, memiliki ibu kota di Taipei (sebelumnya di Nanjing), dan menganut sistem ekonomi kapitalis serta memiliki mata uang sendiri bernama Taiwan Dollar (TWD).

    Sayangnya, negara dengan nama lengkap Republic of China (ROC) ini hanya diakui sebagai negara merdeka oleh 23 negara. Dahulu dunia internasional lebih banyak yang mengakui pemerintah ROC dibanding RRC, bahkan ROC menjadi pemegang veto di PBB. Tetapi semua itu berubah ketika tahun 1972 pemerintah Amerika Serikat malah mengakui RRC sebagai the Real of China. Alasannya karena Amerika Serikat ingin memanfaatkan RRC untuk melawan dominasi Uni Soviet dan ingin agar Uni Soviet jatuh (karena hubungan RRC dan Soviet mulai memburuk sejak tahun 1960an).

3. Hong Kong

    Kalo negara satu ini, menjadi negara yang semi merdeka, alias tidak merdeka seutuhnya. Soalnya, Hong Kong merupakan wilayah Dinasti Qing yang dulunya dikuasai oleh Inggris. Inggris menguasai Pulau Hong Kong sejak 1842 lewat Perang Opium dan Dinasti Qing harus menyerahkan wilayah nya di Guangdong ke Inggris. Pada tahun 1980an, pemerintah RRC meminta Inggris untuk mempulangkan Hong Kong ke tangan China. Negosiasi tersebut sangat alot dan akhirnya terbentuklah Deklarasi China-Inggris pada tahun 1984 di Beijing. Di tahun 1997, Inggris mengembalikan Hong Kong kepada pemerintahan RRC dan sempat membuat pemerintah ROC (Taiwan) marah.

    Namun, Hong Kong sudah memiliki pemerintahannya sendiri, parlemen sendiri, hukum sendiri, bendera negara sendiri, tim olimpiade sendiri, hingga menganut sistem ekonomi sendiri berupa kapitalis dengan mata uang Hong Kong Dollar (HKD).

    Karena itulah Hong Kong dan RRC menjadi satu negara dengan 2 sistem. Berbeda dengan RRC yang membatasi arus informasi dari dunia luar, Hong Kong justru membuka diri kepada dunia. Gak heran jika Hong Kong disebut sebagai Asia’s World City dan disandingkan dengan Singapura sebagai negara kecil yang maju dengan pertumbuhan yang pesat.

4. Macau

    Negara satu ini memiliki status yang sama dengan Hong Kong karena dulunya "negara" ini dikuasai oleh Portugis sejak 1557, namun dikembalikan ke RRC pada tahun 1999 dengan status satu negara dua sistem. Macau sendiri terkenal sebagai The Sin City of Asia karena menjadi pusat perjudian terbesar di dunia yang buka hingga 24 jam.

    Meskipun berada di satu wilayah (Greater China), keempat negara ini memiliki passportnya masing-masing. Jadi, bagi warga RRC yang ingin pergi ke Taiwan, Hong Kong, atau Macau, wajib menggunakan passport. Begitupun sebaliknya.

Jadi intinya China dan Taiwan masih keadaan berperang. Sama seperti Korsel dan Korut.

Sementara Hong Kong dan Macau itu semi negara, dikasih kebebasan oleh pemerintah RRC, tetapi tidak mempunyai militer sendiri.

Bahasa :

China : Mandarin (Putonghua)

Hong Kong & Macau : Cantonese

Taiwan : Mandarin (Guoyu)

Mandarin China dan Taiwan beda sama seperti American English dan British English.

Tulisan Hanzi :

China : Simplified

Hong Kong, Macau, Taiwan : Traditional

Kode Telepon dan Domain Internet :

China : +86 .cn

Hong Kong : +852 .hk

Macau : +853 .mo

Taiwan : +886 .tw

source :

[1]https://en.wikipedia.org/wiki/Greater_China...

[2]https://www.worldpoliticsreview.com/.../hong-kong-china...

[3]https://www.diffen.com/.../People%27s_Republic_Of_China...

 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post