01 June 2019

Cara Mencegah Gigi Berlubang dan Mengeluarkan Ulat Gigi

Cara Mencegah Gigi Berlubang dan Mengeluarkan Ulat Gigi

Gigi berlubang bukan disebabkan oleh ulat gigi, seperti yang diungkapkan Willoughby Miller dokter gigi yang berasal dari Amerika menemukan beberapa penyebab pembusukan pada gigi. Gigi berlubang disebabkan oleh ke dua pertemuan bakteri dan gula, sehingga bakteri mengubah gula pada sisa makanan menjadi zat asam yang menjadikan lingkungan gigi menjadi asam padahal seharusnya gigi bersipat basa. jadi asam tersebut yang membuat lubang kecil pada email gigi dan kemudian menjadi Penyebab gigi berlubang.

Disini saya akan memberikan rangkuman lengkap tentang Cara mencegah gigi berlubang dan mengeluarkan ulat pada gigi. Anda dapat melakukan dengan cara berikut:

Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Merawat Gigi

1. Memeriksa gigi secara rutin – Kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali walaupun Anda tidak merasakan sakit gigi. Hal ini diperlukan supaya dokter dapat mendeteksi lubang pada gigi, sehingga mudah ditangani secepatnya agar lubang pada gigi tidak semakin besar.

2. Menyikat gigi secara teratur – Menyikat gigi yang teratur adalah cara sehat merawat gigi untuk mencegah gigi berlubang. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi ialah sehabis sarapan pagi dan malam menjelang tidur. Saat kita tidur air liur dalam mulut tidak banyak keluar dan mengendap, sehingga membuat gigi mudah rusak jika membiarkan sisa makanan pada gigi tidak segera di bersihkan dan menyikatnya. Air liur berfungsi memlindungi gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang.

3. Menyikat gigi dengan cara yang benar – Meskipun anda sudah menyikat gigi secara teratur, namun jika menyikat gigi dilakukan dengan tidak benar, tentu membuat hasilnyapun tidak menjadi maksimal.

Cara benar menyikat gigi adalah melakukan penggosokan ke arah bawah, atas dan mendatar. Menyikat gigi bagian belakang kita perlu melakukannya lebih lama, karena pada gigi bagian belakang ini yang sering berpotensi terjadinya penempelan sisa-sisa makanan.

4. Kumur setelah makan – Menyikat gigi tidak mungkin dilakukan sehabis kita makan, maka cara terbaik adalah berkumur-kumur agar sisa makanan tidak terus menempel dan mengurangi keadaan asam dalam gigi.

5. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan – Sisa makanan yang tertinggal dan menempel pada gigi, sebaiknya jangan dikeluarkan dengan menggunakan tusuk gigi. Penggunaan tusuk gigi dapat menyebabkan celah antar gigi semakin besar disamping dapat menyebabkan luka pada gusi.

6. Pilih pasta gigi yang mengandung fluorida – Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Zat ini merupakan salah satu bahan pembentuk email gigi. Adanya zat ini dapat mencegah pembusukan pada gigi.

7. Makanan yang berserat – Mengkonsumsi sayuran atau buah dapat menjadikan gigi lebih kuat dan juga bisa mencegah gigi berlubang.

8. Makanan mengandung gula dan tepung – Kurangi mengkonsumsi makanan yang terbuat dari bahan gula dan tepung, karena mkanan jenis ini bila meninggalkan sisa makanan di gigi dan ditambah adanya bakteri maka akan membuat zat asam yang menyebabkan gigi berlubang.

Sementara itu selain menjaga gigi tetap sehat untuk mencegah lubang pada gigi, seringkali munculnya ulat pada gigi berlubang. Berikut penjelasan adanya ulat gigi: 

Ulat gigi adalah hewan jenis ulat yang disebut-sebut dapat hidup dan berkembang biak dalam gigi yang berlubang. Gigi berlubang merupakan pembusukan dan mengakibatkan gigi rusak. Sesuai dengan kondisinya, gigi yang berlubang akan membusuk dan menjadi tempat sarang ulat pada gigi untuk dapat tinggal di dalamnya.

Selain pada kondisi gigi berlubang, penyebab ulat gigi karena kondisi gigi yang kurang sehat dan bersih. Jika gigi sudah memiliki kondisi seperti ini, anda harus segera cepat mengeluarkan ulat dari gigi anda. Anda tentu tidak ingin ulat tersebut semakin merusak gigi bahkan dapat membahayakan kesehatan gigi dan mulut anda. Untuk itu disini saya akan memberikan bagaimana cara mengeluarkan ulat gigi pada gigi yang berlubang.

Cara Mengeluarkan Ulat Gigi secara Tradisional (Alami)

Seperti dijelaskan sebelumnya, ada banyak kondisi di mana gigi anda dapat menjadi sarang tempat berkembang biaknya ulat. Walau masih banyak yang belum mempercayainya dan mengatakan bahwa ulat gigi hanya mitos, namun tidak ada salahnya jika kita mempelajari apa saja yang dapat dilakukan untuk mengusir ulat ini jika benar ditemukan di gigi. Apakah anda termasuk yang ingin tahu mengenai cara cara tersebut. Jika iya, maka anda ada di tempat yang tepat. Bagian di bawah ini akan menjelaskan setidaknya cara untuk dapat mengeluarkan ulat gigi dari gigi anda dengan mudah. Simak terus penjelasannya di bawah ini.

1. Dengan Air Garam

Cara mengeluarkan ulat gigi dengan garam yang perlu anda lakukan yaitu berkumur menggunakan air garam. Air garam dipercayai dapat memberikan reaksi anti bakteri, anti inflamasi dan analgesik. Sehingga, cara pengobatan ini memungkinkan anda untuk membersihkan bakteri, virus, bahkan membunuh ulat gigi agar mati dalam jangka waktu yang cukup cepat. Ulat-ulat yang terdapat dan tumbuh di gigi berlubang, akan terbunuh dengan cepat bila berkumur menggunakan air garam setiap harinnya.

2. Dengan Bawang Putih

Selanjutnya, cara mengatasi ulat gigi dengan bawang. Anda cukup Mengunyah Bawang Untuk memnasmi ulat gigi. Upaya ini dilakukan agar ulat akan keluar dengan sendirinya sambil anda mengunyah bawang putiih. Alasannya bawang putih ini ketika masuk ke dalam bagian gigi anda terbukti dapat berperas sebagai anti biotik dan juga meningkatkan ketahanan gigi anda untuk mengusir ulat gigi dari dalamnya yang membuat gigi anda menjadi sakit.

3. Menggunakan Baking Soda

Membunuh ulat gigi dengan baking soda bisa anda lakukan untuk mengembalikan kesehatan gigi anda. diketahui bahwa berkumur dengan bakking soda adalah obat kumur alami yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah termasuk juga sebagai cara membunuh ulat pada gigi berlubang anda.

4. Menggunakan Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan gigi pun sudah tidak dapat diragukan lagi, sehingga anda dapat mengeluarkan ulat gigi dengan jahe. Caranya cukup dengan mengunyah jahe. Jahe memang ketika dikunyah akan terasa pedas. Namun, anda tidak perlu merasa khawatir dan tahankan agar dapat mengeluarkan ulat gigi tersebut.

5. Menggunakan Bawang Merah

Manfaat bawang merah untuk mengusir ulat gigi sangat populer, Cara mengeluarkan ulat gigi dengan bawang merah banyak dilakukan oleh masyarakat dan sudah membuktikannya. Dengan mengunyah bawang merah, maka ulat gigi akan hilang terbawa ke dalam pencernaan dan terbuang melalui sistem pencernaan.

6. Menggunakan Daun Pandan

Cara mengeluarkan ulat gigi dengan daun pandan juga sangat populer sama halnya dengan mengeluarkan ulat gigi dengan bawang merah. Untuk caranya, anda harus mengolah daun pandan menjadi ramuan obat dan mengoleskannya pada bagian gigi berlubang yang terdapat ulat di dalamnya, maka ulat gigi akan mati.

7. Menggunakan Cabe Rawit

Anda juga dapat membasni ulat gigi dengan cabe rawit. Cabe rawit adalah cabe yang memiliki rasa pedas yang sangat tinggi. Rasa pedas pada cabe dipercaya dapat membunuh ulat gigi dengan cara dioleskan pada gigi berlubang yang terdapati ulat .

Itulah tentang Cara mencegah gigi berlubang dan mengeluarkan ulat pada gigi juga penyebabnya. Jika terlalu lama dibiarkan dapat menyebabkan ulat gigi semakin kuat dan tidak mudah dibasmi lagi. Jadi segera tangani sekarang juga dan bebaskan gigi anda dari parasit seperti ulat gigi mulai dari sekarang.