14 June 2019

15 Jenis Akar-Akaran Untuk Obat Herbal Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

15 Jenis Akar-Akaran Untuk Obat Herbal Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Di jaman dulu, orang-orang sering memanfaatkan tanaman atau tumbuhan untuk mengatasi dan mengobati penyakit secara alami, seperti menggunakan obat herbal dari akar - akaran.

Sebenarnya banyak akar - akar tumbuhan yang dapat dijadikan obat kesehatan di sekitar kita, namun tidak semua orang mengetahui apa manfaat dari akar tanaman sebagai obat herbal untuk penyakit yang di deritanya. Nah dibawah ini adalah rekomendasi obat herbal dari akar akaran yang bisa kalian manfaatkan untuk mengobati penyakit dan untuk kesehatan.

15 Jenis Akar-Akaran Untuk Obat Herbal Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

1. Akar Ciplukan (Cecendet)

Selain itu juga tak hanya buahnya saja yang dpaat dimanfaatkan untuk obat namun bagian tumbuhan yang lainnya seperti daun, akar dan batangnya juga bisa digunakan sebagai obat Herbal, salah satunya untuk mengatasi penyakit diabetes, rematik dan darah tinggi, dll

2. Akar Aren

Aren biasanya sebagai bahan untuk diolah menjadi gula merah atau gula aren. Aren adalah tanaman asli dari Indonesia dan ternyata akar aren juga sering dimanfaatkan untuk obat herbal, karena akar aren mengandung zat kalium dan silikat yang bermanfaat diuretika yaitu memperlancar buang air kecil .

3. Akar Pepaya

Manfaat alami dari akar pepaya ini belum begitu populer, penelitian para ahli mengungkap akan manfaat akar pepaya ini sangat baik untuk kesehatan terutama sebagai obat herbal. Akar pepaya mengandung zat glikosida sianogenetik, karpain, papain, asam malat, kalsium maleat, kimopapain dan fitokinase. Sehingga Akar Pepaya sangat ampuh untuk mengobati penyakit ginjal, rematik dan kandung kemih.

4. Akar Bangle 

Bangle adalah tanaman obat murni yang bisa mengobati banyak penyakit. Terutama untuk bagian akarnya memiliki kandungan senyawa kimia seperti damar yang lunak, lemak, minyak atsiri, goun, gula, asam-asam organik, mineral dan abumivoida, yang dimanfaatkan sebagai penghangat badan.

5. Akar Temu Hitam 

Tanaman temu ireng adalah tanaman yang asli berasalh dari Indonesia. Kandungan senyawa kimia dari akar tunggal temu ireng berupa minyak atsiri, yang mampu berkhasiat sebagai bahan obat gosok untuk mengobati badan pegal dan penyakit rematik.

6. Akar dan Rimpang Kunyit 

Akar dan rimpang kunyit memiliki kandungan senyawa kimia berupa minyak atsiri, hidrat arang, damar, goum, dan pati, yang berkhasiat untuk digunakan sebagai obat diare, karnimative, stabisida, dan kologoga. Untuk dosis pemakaiannya sekitar 8 – 12 gram.

7. Rimpang Akar Temu Giring

Temu giring mempunyai manfaat alami untuk pengobatan herbal seperti mengatasi cacingan. Dosis penggunaannha adalah sekitar 4 – 8 gram.

8. Rimpang Akar Temu Lawak 

Rimpang temu lawak juga merupakan tanaman obat yang sangat terkenal di Indonesia, seperti untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan. Temu lawak memiliki kandungan zat berupa minyak atsiri, yang berkhasiat dan bermanfaag untuk obat antispasmodik saluran cerna ( anti kejang ) dan kolagoga serta untuk kecantikan.

9. Rimpang  Akar Laos 

Rimpang laos memiliki kandungan senyawa kimia berupa kaunferida, hablur, golangin, hablur kuning, dan minyak atsiri kuning, yang berkhasiat karavinativa, obat panu ( anti jamur ).

10. Akar Alang-alang 

Alang-alang adalah jenis tanaman pengganggu dan liar, tetapi ternyata akar alang-alang memiliki khasiat untuk mengobati penyakit seperti diuretika ( memperlancar buang air seni ), karena memiliki kandung zat berupa damar, asam kermik, dan logam alkali. Untuk dosisnya sekitar 4 – 12 gram.

11. Akar Rimpang Jahe 

Jahe memiliki kandungan senyawa kimia berupa minyak atsiri, zigibetol, borneol, zigiberin, zingeton, falandren, sineol, kanfen, damar, pati, okoresim, asam organik, dan gingerim, yang sangat berKhasiat sebagai membuang gas perut ( mengurangi kembung ), memperlancar keluarnya keringat, dan meningkatkan gairah dan tenaga. Untuk dosisnya sekitar 0,5 – 1,1 gram.

12. Akar Rimpang Kencur 

Akar kencur seringkali digunakan untuk pembuatan bahan jamu, karena memiliki kandungan zat kimia berkhasiat seperti minyak atsiri, kanferin, alkalaoida, goum dan mineral, yang sangat berkhasiat untuk mengobati perut kembung, mengencerkan dahak, melancarkan keringat, dan meningkatkan stamina secara umum.

13. Akar Kelapa

Manfaat alami akar kelapa untuk kesehatan ini sudah populer pada zaman dahulu dan digunakan sebagai obat herba untuk mengatasi gangguan pada perut seperti penyakit diare dan wasir. Obat herbal alami memang banyak diminati dan menjadi incaran banyak orang. hal ini disebabkan karena obat herbal sudah terbukti lebih ampuh, aman dan sehat dibandingkan dengan pengobatan obat kimia yang memiliki dampak kurang baik bagi tubuh.

14. Akar Wangi

Kenal akar wangi atau yang sering disebut dengan licorice? Akar wangi biasanha dikeringkan lalu di olah menjadi obat herbal yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah sebagai bahan obat herbal untuk penyakit kram, kolesterol dan depresi.

15. Akar Putri Malu

Putri malu merupakan jenis tumbuhan rumput liar yang memiliki manfaat tak terduga untuk pengobatan lho. Tumbuhan yang punya nama latin Mimosa pudica ini disinyalir ampuh banget mengobati berbagai penyakit seperti, batuk dan wasir.

Nah itulah beberapa obat herbal dari akar akaran tanaman dan tumbuhan di sekitar kita, yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan. Terimakasih.