12 Cara Merawat Kuku Tangan & Kaki Agar Panjang Memesona Dan Terlihat Putih Bersih



Kuku dapat menjadi bagian penting tubuh yang mencerminkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kuku yang sehat bisa dilihat dari kulit di bawah kuku yang berwarna merah muda dan bagian kuku yang tumbuh juga terlihat putih dan bersih. Sementara itu, kuku yang berubah warna, misalnya menjadi hitam atau kekuningan, bisa jadi menandakan adanya kondisi medis tertentu.

Tips Memotong dan Membersihkan Kuku

Agar kuku sehat dan bersih, cucilah kuku secara rutin menggunakan air bersih dan sabun, lalu keringkan. Setelah itu, kuku juga perlu dipotong dan dibersihkan secara rutin agar tetap sehat.

Namun, cara memotong dan membersihkan kuku kaki tidak bisa dilakukan sembarangan. Berikut ini adalah beberapa langkah tepat dalam merawat kuku :

1. Bersihkan Kuku dengan Garam Dapur

Timbul titik-titik kuning atau putih di ujung kuku? Bisa jadi itu jamur kuku, loh! Kamu bisa manfaatkan garam dapur merawat kuku kamu agar kuat dan terhindar dari jamur kuku.

Rendam kuku kamu secara rutin di air hangat yang telah dicampurkan dua sendok garam selama lima sampai sepuluh menit. Senyawa asam dapat membantu mencegah tumbuhnya jamur kuku.

2.Pakai Sarung Tangan Karet saat Cuci Piring

Terlalu lama terkena air dapat menyebabkan kuku kamu menjadi lunak dan lemah, sehingga mudah patah.

Salah satu caranya menghindarinya ialah selalu gunakan sarung tangan saat mencuci piring. Kuku menyerap air lebih cepat dari kulit.

3. Jangan Menggunakan Cat Kuku Terlalu Sering

Tentu kuku akan terlihat lebih cantik saat menggunakan cat kuku, tapi terlalu sering menggunakan cat kuku dapat menyebabkan perubahan pada warna kuku, lho! Bahan kimia yang terdapat pada cat kuku dapat membuat kuku menjadi kering dan rapuh.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengistirahatkan kuku kamu dari cat kuku agar kuku tetap bisa bernafas.

4. Merawat Kutikula dengan Benar

Kutikula seringkali dianggap mengurangi keindahan kuku. Rasanya ingin memotong kutikula saat melakukan perawatan. Padahal banyak banget fungsi dari kutikula, loh! 

Kutikula berfungsi untuk melindungi dan membantu pertumbuhan kuku. Jangan memotong kutikula karena dapat menyebabkan iritasi dan kuman mudah untuk masuk.

Kamu bisa mendorong kutikula dengan manicure stick agar kuku terlihat lebih panjang dan lentik.

5. Pakai Minyak Zaitun

Minyak yang satu ini memang memiliki banyak fungsi di dalam dunia kecantikan. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk merawat kuku. Kandungan yang dimiliki minyak zaitun dapat memperkuat jaringan kuku dan membuat kuku menjadi lebih sehat.

Oleskan minyak zaitun ke seluruh kuku kamu dengan cutton bud. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

6. Merawat Kuku dengan Aloe Vera

Ingin mendapatkan kuku yang berkilau? Kamu bisa menggunakan lidah buaya. Oleskan lidah buaya yang sudah dibelah ke setiap kukumu. 

Selain membuat kuku berkilau, lidah buaya juga berfungsi untuk melembabkan tepi kukumu.

7. Rendam Kuku dengan Air Jeruk

Selain menggunakan lidah buaya untuk mendapatkan kuku yang berkilau, cara merawat kuku yang satu ini juga bisa kamu lakukan.

Siapkan air hangat dan campurkan perasan jeruk. Rendam kukumu ke dalam air jeruk selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket.

8. Merawat Kuku dengan Bawang Putih

Bahan di dapur ternyata bisa dugunakan untuk merawat kuku, loh! Bawang putih berguna untuk membuat kuku kamu menjadi lebih kuat dan terhindar dari jamur kuku.

Cara menggunakannya ialah dengan membelah bawang putih, gosokkan ke setiap kukumu dan diamkan. Gunakan cara ini saat kamu tidak punya rencana keluar rumah, ya!

9. Hindari Penggunaan Aklirik dan Gel

Beberapa orang yang memiliki masalah dalam memanjangkan kuku, memilih alternatif lainnya seperti kuku aklirik atau gel. 

Penggunaan akrilik dan gel pada kuku secara berulang dapat menyebabkan kuku kuning dan tipis. Nah, kalau sudah tipis, kuku akan lebih mudah patah.

10. Potong Kuku Secara Teratur

Memotong kuku pada dasarnya ialah untuk mencegah penyebaran infeksi bakteri. Kuku yang panjang menyimpan bakteri jauh lebih banyak. Pastikan peralatan yang kamu gunakan bersih, ya!

Perhatikan penggunaan alas kaki untuk kuku kaki

Agar kuku kaki tetap sehat, penting untuk memperhatikan penggunaan alas kaki atau sepatu yang tepat. Kenakan sepatu yang pas dan nyaman di kaki. Hindari sepatu yang terlalu sempit atau membiarkan kuku kaki terlalu panjang. Perhatikan agar kuku kaki tidak sampai menyentuh ujung sepatu bagian dalam.

Saat membeli alas kaki atau sepatu, pilihlah sepatu yang terbuat dari bahan berkualitas seperti kulit atau kanvas dan mempunyai sirkulasi udara yang baik. Udara yang masuk ke area kaki dapat menjaga kaki tetap kering dan mencegah timbulnya jamur kuku.

Hindari memakai sepatu yang sama lebih dari 2 hari, lalu simpan sepatu Anda dalam keadaan kering dan tidak lembap. Satu lagi hal penting yang perlu Anda lakukan sebagai cara merawat kuku kaki, yaitu mengganti kaus kaki Anda setiap hari. Kenakan kaus kaki katun yang tidak menyebabkan kaki lembap.

Jika Anda berada di kolam renang atau tempat yang basah, gunakan sandal jepit guna mencegah infeksi yang disebabkan masuknya jamur ke kuku kaki Anda.

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang juga dapat membantu kuku kaki tumbuh sehat dan kuat. Anda bisa mengonsumsi suplemen biotin untuk meningkatkan ketebalan kuku dan mencegahnya menjadi rapuh.

Cara merawat kuku kaki yang tepat akan membuat kaki terlihat sehat, cantik dan nyaman saat beraktivitas. Jika timbul masalah pada kuku kaki, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post