Penyebab Sakit Gigi Berlubang Karena Ulat Gigi? Benarkah? - Centropedia

03 April 2019

Penyebab Sakit Gigi Berlubang Karena Ulat Gigi? Benarkah?

Penyebab Sakit Gigi Berlubang Karena Ulat Gigi? Benarkah?

Penyebab Sakit Gigi Berlubang Karena Ulat Gigi? Benarkah? Memang sakit gigi adalah sakit yang membuat penderitanya merasakan nyeri yang sangat menyiksa, karena rasa cenut - cenut yang begitu sakit pada bagian gigi. Mau ngomong susah, apalagi untuk makan lebih susah lagi. 

Ada yang meyakini jika penyebab sakit gigi adalah adanya ulat di gigi. Mereka bilang ulat gigi berada pada gigi yang berlubang. Ulat gigi ini bentuknya sangat kecil berwarna putih dan kepalanya hitam. Ulat gigi bisa melubangi gigi sehingga anda akan merasa kan sakit yang luar biasa. Pendapat tersebut juga dikuatkan oleh adanya beberapa video pengobatan yang memperlihatkan pasien sakit gigi bisa sembuh setelah diobati dan keluar ulat gigi tersebut.

Lantas Apakah benar ulat gigi yang menjadi penyebab sakit gigi?

Kalau anda melihat di bagian gigi secara seksama, bagian gigi terdiri dari lapisan paling luar yaitu email gigi. Bagian email gigi bagian yang akan melindungi gigi dari berbagai macam zat benda dan yang akan langsung berfungsi sebagai untuk mengunyah makanan. Bentuk gigi disebut dengan mahkota. Bagian gigi lainnya yaitu dentin, pulpa, akar gigi, ligamen periodontal dan saluran akar serta tulang.

Pada gigi terdapat bagian yang disebut dengan pulpa atau ruang pulpa. Pulpa merupakan bagian yang sangat sensitif karena di dalam pulpa gigi terdapat pembuluh darah dan saraf. Sehingga kalau bagian pulpa sudah terbuka ketika bersentuhan dengan zat asing maka bisa mengakibatkan sakit gigi yang sangat menyiksa. apalagi ketika pulpa sudah mulai meradang, hal ini bisa menjadi dari penyebab sakit gigi berlubang. Inilah hal hal yang bisa mengakibatkan pulpa gigi meradang:

  1. Pembusukan gigi, pembusukan gigi biasanya karena permukaan bagian terluar gigi hilang dan menjadikan gigi menjadi berlubang
  2. Infeksi pada dasar gigi sehingga menimbulkan tumpukan nanah. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan adanya abses periapikal
  3. Gusi menyusut. Ternyata gigi bisa menyusut atau ukurannya menjadi lebih kecil.
  4. Retaknya gigi. Hati-hati kalau anda mengalami keretakan gigi, hal ini sangat mungkin membuat radang pulpa sehingga menjadi penyebab sakit gigi.
  5. Tambalan gigi rusak. Biasanya kalau tambalan rusak menjadikan kondisi menjadi seperti semula, malah akan semakin sakit. Segera lakukan perbaikan tambalan jika tambalan gigi mengalami kerusakan.

Kalau anda mengalami sakit gigi, ternyata setelah diperiksakan ke dokter gigi tidak terdapat berbagai gejala atau hal yang dialami seperti masalah diatas, bisa jadi anda mengalami gangguan pada gigi seperti:

  1. Abses periodontal. Abses periodontal adalah adanya infeksi yang terjadi pada sekitar poket periodontal, hal ini mengakibatkan kerusakan pada ligamentum periodontal dan tulang alveolar.
  2. Sinusitis. Sinusitia adalah sebuah masalah yang terjadi pada sinus dimana terjadi inflamasi pada dinding snus.
  3. Cedera. Keadaan seperti sakit gigi juga bisa disebabkan karena cedera seperti pada cedera di sendi temporodandibular
  4. Gusi bengkak/ pecah karena tumbuh.
  5. Terjadi tukak gigi
  6. Tumbuh gigi
Ternyata setelah kita membaca beberapa masalah di atas bahwa sakit gigi tidak hanya karena adanya ulat pada gigi, tetapi masih banyak penyebab sakit gigi yang  membuat nyeri dan menyiksa, bahkan mengakibatkan gigi berlubang.

Comments