Kandungan Dan Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh - Centropedia

05 April 2019

Kandungan Dan Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Dan Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Alpukat adalah buah yang sangat populer dan sering disajikan sebagai snack atau hidangan pencuci mulut. Akan tetapi banyak orang yang menganggap alpukat tidak baik bagi kesehatan karena memiliki kandungan lemak yang tinggi. Pada kenyataannya alpukat memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita karena banyak mengandung nutrisi, vitamin dan lemak baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa buah alpukat sangat bermanfaat untuk membantu dalam mengurangi kerusakan hati dan kerusakan akibat virus hepatitis. Oleh karena itu alpukat pantas untuk dimasukkan dalam daftar menu makanan Anda asalkan tidak berlebihan.

Kandungan Lemak Dalam Alpukat

Alpukat memang memiliki kandungan lemak yang tinggi, tetapi lebih banyak kandungan lemak baik daripada lemak jahat. Di dalam setiap 21 gram buah alpukat, kandungan lemak jenuhnya hanya sebesar 3 gram, sedangkan sisanya adalah lemak tak jenuh tunggal yang diketahui bermanfaat bagi kesehatan. Lemak tak jenuh jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam darah dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Manfaat Lemak Bagi Tubuh Kita

Lemak dibutuhkan oleh tubuh kita agar tubuh dapat berfungsi dengan baik dan maksimal. Manfaat lemak bagi tubuh diantaranya adalah sebagai penghasil energi dan penyerap vitamin. Mengingat begitu pentingnya lemak bagi tubuh, hal terpenting yang harus Anda pahami adalah Anda harus dapat memilih dan membedakan antara lemak baik dan lemak jahat agar Anda bisa mendapatkan lemak yang sehat dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Yang termasuk lemak baik dan sehat adalah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, sedangkan lemak trans dan lemak jenuh adalah jenis lemak yang jahat atau tidak sehat.

Manfaat Kandungan Nutrisi Dalam Alpukat

Alpukat memiliki kandungan salah satu jenis lemak tak jenuh tunggal yang dikenal dengan nama asam oleat yang sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan kanker payudara dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Asam oleat juga merupakan suatu antioksidan yang dapat menyingkirkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh sebagai akibat dari polusi. Radikal bebas dapat menimbulkan berbagai macam keluhan dan masalah kesehatan.

Alpukat juga kaya dengan kandungan potasium, vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin B6 serta zat besi dan tembaga. Vitamin A dan E sangat berguna bagi kulit karena dapat menghaluskan kulit dan membuat kulit terlihat lebih muda dan segar. Potasium atau dikenal juga dengan kalium dapat mencegah pengendapan cairan di dalam tubuh dan menurunkan tekanan darah. Vitamin B6 bermanfaat untuk meredakan sindrom pra menstruasi (PMS) yang sering diderita oleh para wanita setiap bulan. Sedangkan zat besi dan tembaga berguna dalam proses regenerasi darah sehingga dapat mencegah penyakit anemia.

Jangan Berlebihan

Alpukat memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Jadi meskipun alpukat adalah buah yang baik dan sehat, Anda tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Porsi yang baik dan sehat adalah sekitar 30 gram atau seperlima dari buah alpukat yang mengandung sekitar 50 kalori.

Cara Menyajikan Alpukat

Ada berbagai macam cara dalam menyajikan alpukat secara baik, sehat dan lezat. Anda dapat menyelipkan beberapa irisan alpukat di dalam sandwich sebagai pengganti mayones, atau menambahkan alplukat di dalam salad yang Anda buat. Anda juga bisa membuat semacam saus dengan memblender alpukat dengan salsa (semacam saus yang biasanya terbuat dari tomat,) jeruk limau, dan daun seledri yang digunakan sebagai pendamping sayuran agar rasanya lebih lezat.

Comments