5 Manfaat Air Beras Untuk Wajah, Rambut Dan Kesehatan - Centropedia

21 April 2019

5 Manfaat Air Beras Untuk Wajah, Rambut Dan Kesehatan

Manfaat air beras
Air Beras

Manfaat Air Beras — Sebelum memasak beras, Sobat pasti akan mencucinya dengan air bersih selama beberapa kali untuk memastikan tidak ada lagi bakteri yang tertinggal. Jika biasanya kamu membuang air bekas cucian beras tersebut, kali ini cobalah untuk memanfaatkannya untuk kecantikan. Karena ternyata air beras memiliki banyak manfaat untuk wajah dan juga kesehatan, lho!

Sebaiknya gunakan air bilasan dari air cucian beras kedua yang berwarna cukup keruh. Warna keruh tersebut mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk wajah dan kecantikan lainnya, yaitu:

Manfaat Cucian Air Beras Untuk Wajah, Rambut Dan Kesehatan

1. Membersihkan kulit wajah

Salah satu manfaat air beras untuk wajah yang paling populer adalah sebagai pembersih muka. Membasuh muka dengan cucian air beras secara rutin mampu mencerahkan kulit wajah dan mengecilkan pori-pori. Kamu bisa melakukannya dengan mencelupkan kapas ke dalam air beras, lalu usapkan pada wajah dan pijat secara perlahan.

2. Sebagai masker rambut

Bekas cucian Air beras dapat membuat rambut terlihat lebih lembut dan berkilau. Caranya pun mudah, basuhkan rambut dengan air beras, lalu diamkan selama 20 menit sambil memijat kulit kepala secara perlahan. Bilas dengan air bersih, kemudian lanjutkan dengan penggunaan shampoo dan conditioner.

3. Mengatasi iritasi kulit

Manfaat air beras untuk kulit salah satunya adalah: jika jerlalu lama berada di bawah sinar matahari bisa membuat kulitmu iritasi terbakar hingga menjadi merah dan perih. Lebih baik segera basuh dengan air beras yang telah didinginkan untuk meredakan iritasinya. Pembasuhan cucian air beras pada wajah dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang terkena iritasi.

4. Mengobati penyakit eskin

Eksim adalah peradangan kulit yang menyebabkan kulit gatal, kering, dan memerah. Ternyata, cucian air beras juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan eksim. Kamu hanya perlu merendam handuk ke dalam air beras, lalu basuhkan pada area kulit yang terkena eksim. Diamkan selama beberapa menit dan biarkan mengering dengan sendirinya.

5. Meredakan diare

Kalau sedang sembelit atau diare, ternyata bekas cucian air beras bisa mengobatinya, lho. Kandungan pati dalam air beras mampu meredakan diare dan muntah-muntah. Caranya dengan meminum air beras! Eits, tapi bukan meminum air bekas cucian. Kamu harus membuat air beras yang layak diminum.

Caranya:
Pertama-tama, siapkan beras dan air dengan takaran 1:3. Rebus atau tanak selama 45 menit sampai beras mulai melunak. Setelah itu, tiriskan airnya. Kamu juga bisa menambahkan gula atau garam sebagai penambah rasa.

Itulah beberapa manfaat dari air beras untuk kecantikan, wajah, rambut dan kesehatan. Manfaatkanlah bekas air cucian beras tersebut sebagai bahan alami.

Comments