5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Kenali Penyebabnya - Centropedia

26 April 2019

5 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Kenali Penyebabnya

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Dan Permanen

Kutu rambut adalah parasit yang hidup di kepala yang mempunyai kondisi rambut kotor dan sering melekatkan telurnya pada rambut. Kutu rambut mendapatkan makanan dengan cara mengisap darah dari kepala melalui pori pori kulit, sehingga akan terasa gatal. Kutu ini mudah berpindah sari satu orang ke orang lain.

Dahulu, banyak pendapat mengatakan bahwa kutu kepala atau kutu rambut merupakan gangguan yang hanya menyusahkan masyarakat kelas bawah atau orang yang higiene perorangannya buruk. Namun, epidemi pedikulosis di tingkat nasional semakin menjadi-jadi baik di sekolah negeri maupun swasta.

Kutu kepala hidup pada rambut kepala dekat tengkuk dan telinga. Siklus hidup kutu kepala dihabiskan pada pejamu, biasanya pada orang yang sama. Ketiga tahapan kehidupan kutu kepala (telur, nimfe dan dewasa) berlangsung sekitar 3 minggu. Ukuran Kutu kepala sangat kecil sekitar 2-3 mm dan mereka hidup sekitar sebulan dan menghasilkan 150 atau lebih telur yang disebut nit, kurang lebih 10 telur sehari. Nit yang berwarna putih kekuningan, berbentuk oval melekat erat pada bagian bawah batang rambut dan membutuhkan waktu satu minggu untuk menetas.

Kutu rambut yang merupakan serangga kecil, sedikit lebih kecil daripada pentul korek api. Mereka tinggal di rambut, dekat kulit kepala dan sulit dilihat. Kutu ini hanya dapat ditularkan melalui kontak kepala yang sangat dekat. Karena kutu rambut tidak loncat atau terbang.

Kutu rambut lebih umum dan lebih sering ditemui pada usia anak-anak, terutama pada anak perempuan. Sebagian besar anak pernah terkena kutu rambut dan tidak berhubungan dengan standar kebersihan keluarga.

Penyebab timbulnya kutu rambut

Kutu rambut disinyalir timbul akibat kebersihan kulit kepala atau kepala itu sendiri yang kurang bersih dan kotor. Namun kebanyakan penyebab kutu kepala atau kutu rambut ini cenderung ditularkan melalui satu orang yang memiliki masalah dengan kutu rambut dan menularkan ke orang lainnya dengan jarak yang sangat dekat.

Gejala timbulnya kutu rambut

Tidak seperti yang dikira orang, kepala gatal bukan gejala awal adanya kutu rambut. Biasanya kutu rambut ini sudah ada di sekitar kulit kepala sejak tiga atau empat bulan sebelumnya. Gejala lainnya adalah kulit kepala kemerahan serta kutu yang berjatuhan. Kutu rambut berwarna hitam, seperti lada bubuk dan dapat ditemukan di bantal.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Dan Permanen

Umumnya sebagian orang untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara alami tanpa merusak rambut, cukup dengan menyisir dengan menggunakan sisir yang bergigi rapat dan halus. Atau dengan cara lain yakni dengan membasahi rambut si kecil lalu bagi rambut menjadi kira-kira 30 bagian. Sisirlah tiap bagian rambut dengan sisir serit, khusus untuk mencari kutu. Taruh selembar kertas putih di bahunya atau lakukan waktu ia mandi. Kutu rambut akan terlihat di kulit kepala atau sisir atau jatuh di kertas putih atau ke dalam air.

Cara tersebut masih sering digunakan untuk membasmi dan mengurangi perkembang biakan kutu rambut. Namun, sekarang ada cara baru dan praktis dalam menghilangkan kutu rambut yang membandel dengan menggunakan bahan alami secara permanen, Seperti:

1. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih bukan hanya untuk mengatasi masuk angin saja tetapi juga bisa untuk menghilangkan kutu rambut yang mengganggu dan bisa di basmi dengan mengoleskan minyak kayu putih ke kulit kepala dan ke setiap helai rambut agar kutu rambut mati. 

Caranya yaitu bungkus rambut dengan handuk setelah di oleskan minyak kayu putih agar bisa tidak ada udara. dengan begitu kutu rambut dan telurnya pun bisa mati dan setelahnya bisa di bersihkan dengan shampo agar kepala benar benar bersih.

2. Lidah buaya

Lidah buaya bukan hanya bisa memanjangkan rambut dan juga menjaga kesehatan rambut saja tetapi cara membasmi kutu rambut cepat juga bisa diatasi dengan lidah buaya. 

Caranya: oleskan setiap helai rambut dengan gel lidah buaya begitu pun dengan kulit kepala agar bebas dari kutu yang mengganggu.

3. Bawang merah

Bawang merah juga salah satu bahan alami yang bisa membunuh kutu rambut. cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah bisa dengan menggosokan bawang merah yang sudah di potong secara menyeluruh di rambut dan juga kulit kepala. memang akan tercium bau yang tidak enak tetapi efektif untuk menghilangkan kutu rambut agar bersih kembali.

4. Minyak zaitun

Mengembalikan kesehatan rambut dengan membunuh kutu rambut yang sering menghisap darah ini dengan minyak zaitun. Oleskan minyak zaitun secara merata pada rambut dan juga kulit kepala kemudian bungkus dengan handuk agar kutu dan telurnya mati kemudian setelah bisa di bersihkan.

5. Air lemon

Salah satu cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen yang mudah dilakukan juga bisa dengan menggunakan air lemon. Gunakan air perasan lemon untuk di balurkan ke seluruh kulit kepala dan rambut agar kutu mati semua.

Itulah gejala, penyebab dan cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat tanpa merusak rambut. semoga artikel ini bermanfaat.

Comments


EmoticonEmoticon