0 Comment
Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat
Makanan Untuk Diet

Sebenarnya tidak ada makanan yang benar-benar dapat membuat berat badan Anda turun. Tetapi Anda dapat memanfaatkan makanan sebagai cara untuk menurunkan berat badan, karena bahan makanan yang tepat akan meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan dan pada akhirnya akan dapat menurunkan berat badan Anda dengan cepat. Makanan adalah bagian yang penting dalam proses menurunkan berat badan, jadi perubahan sekecil apapun bisa berdampak luar biasa. Di bawah ini ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan yang dapat Anda terapkan melalui pemilihan bahan makanan yang tepat.

1. Makanan yang Banyak Mengandung Serat

Anda akan memperoleh beberapa manfaat sekaligus ketika Anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Bahan makanan ini dapat memberi rasa kenyang pada perut, sehingga keinginan Anda untuk menyantap makanan akan jauh berkurang. Selain itu serat juga dapat memperlancar pencernaan sehingga Anda akan terhindar dari kembung. Bahan makanan berserat tinggi seperti sayuran berdaun hijau sangat bagus dikonsumsi karena kandungan kalorinya rendah dan bebas lemak. Dengan demikian, asupan kalori Anda akan berkurang dan Anda akan dapat menurunkan berat badan secara lebih cepat dan efektif. Bahan makanan berserat tinggi lainnya yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan berat badan adalah lentil (sejenis kacang-kacangan), oatmeal, kale (daun kol), buckwheat, dan apel.

2. Makanan Berbumbu

Bumbu-bumbu dapur seperti jahe, cabe, dan kayu manis dapat digunakan sebagai cara untuk menurunkan berat badan karena bisa meningkatkan metabolisme. Dengan meningkatnya metabolisme, kalori akan terbakar dengan lebih cepat dan efektif. Selain dapat meningkatkan metabolisme, efek yang dihasilkan dari bumbu itu akan bertahan sampai sekitar 20 menit setelah dikonsumsi. Rempah-rempah lain yang dapat digunakan sebagai cara untuk menurunkan berat badan karena dapat menaikkan metabolisme diantaranya adalah tepung wasabi, ketumbar dan bawang putih.

3. Protein Tanpa Lemak

Bahan makanan yang banyak mengandung protein diantaranya adalah daging ayam, kalkun, ikan dan telur. Dengan mengkonsumsi protein, Anda akan lebih banyak membakar kalori dan meningkatkan metabolisme, karena protein lebih sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu, protein juga lebih enak di lidah daripada karbohidrat dan gula. Dengan banyak mengurangi karbohidrat dan gula, kadar gula darah Anda tidak akan naik dan juga dapat mengurangi hasrat Anda untuk ngemil. Asam lemak omega-3 yang banyak terdapat pada ikan salmon dan sarden juga dapat membantu mengurangi jumlah leptin di dalam tubuh. Leptin adalah hormon yang mempengaruhi metabolisme dan pembakaran lemak di dalam tubuh. Semakin sedikit kandungan leptin, berat badan Anda akan lebih cepat turun. Bahan makanan yang juga banyak mengandung protein diantaranya adalah produk-produk susu rendah lemak dan kedelai.

4. Buah-buahan Rendah Gula

Buah-buahan merupakan sumber serat yang baik, tetapi banyak juga buah-buahan yang memiliki kadar gula yang tinggi. Jika buah-buahan tersebut terlalu banyak dikonsumsi, hal itu dapat mengganggu upaya Anda dalam menurunkan berat badan. Buah-buahan yang banyak mengandung gula diantaranya adalah pisang, anggur, pir dan nanas. Jika Anda sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan, lebih baik Anda memilih buah-buahan yang tidak banyak mengandung gula seperti buah beri, pepaya, plum, aprikot, jeruk limau dan melon. Buah-buahan jenis ini mengandung banyak serat yang dapat menunda rasa lapar dan hanya memiliki sedikit kalori.

5. Lemak Baik

Dalam menjalani diet cepat untuk menurunkan berat badan, Anda masih tetap membutuhkan lemak. Lemak yang berasal dari tumbuhan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan dapat membuat perut terasa kenyang. Berbeda dengan lemak yang berasal dari hewan, Anda tidak perlu khawatir terkena penyakit jantung dan kanker jika mengkonsumsinya, karena lemak ini tidak mengandung kolesterol. Tetapi Anda tidak boleh mengkonsumsi lemak baik secara berlebihan karena dapat membuat berat badan Anda naik. Mengkonsumsi lemak baik dalam jumlah yang cukup dapat mencegah dan mengendalikan keinginan Anda untuk ngemil. Bahan makanan yang mengandung lemak baik misalnya adalah minyak flaxseed, alpukat, ikan dan minyak yang berasal dari kacang-kacangan.

Itulah Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Saat Melakukan Diet. Selamat mencoba ya bun..

Post a Comment

 
Top