7 Tips Sukses Usaha Laundry Dan Rincian Biaya Usaha Laundry 2020

 


Berikut ini beberapa tips sukses dan cara memulai usaha laundry kiloan yang bisa kamu terapkan, Yuk, disimak 

1. Siapkan Modal Usaha 

Dalam mempersiapkan bisnis, yang paling awal dan penting untuk diketahui yaitu berapa biaya atau modal usaha yang dibutuhkan. Walaupun bisnis ini bisa dibilang sederhana, namun tetap perlu diperhatikan bentuk modal yang akan dikeluarkan. 

Kula sarankan kamu dengan membiasakan untuk melakukan riset dengan bertanya ke orang yang memang sudah berkompeten dan berpengalaman dengan bisnis. Sebagai pemilik usaha kamu harus paham apa saja peralatan yang perlu disiapkan, biaya operasional, jenis deterjen yang digunakan, hingga cara pemasarannya. Hal ini dilakukan agar kamu mengetahui berapa modal, perkiraan harga dan keuntungan yang akan didapat.

2. Tentukan Lokasi

Langkah kedua yang pastinya nggak kalah penting untuk keberlangsungan bisnis kamu yaitu dengan menentukan lokasi yang strategis. Yap, betul harus strategis. Kenapa harus cari lokasi yang strategis? Karena lokasi yang dekat dengan keramaian orang akan lebih mudah dijangkau daripada lokasi yang jauh seperti di pegunungan atau gang kecil yang akan susah untuk diketahui konsumen. Pasti kamu tidak mau kan, kalau bisnis kamu sepi dari pelanggan? Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang mudah dijangkau. 

Apabila rumah kamu memiliki akses jalan yang mudah dijangkau dan memiliki lahan atau tempat untuk usaha laundry kiloan, itu jadi modal yang cukup bagus tanpa harus menyewa kios. Namun, jika rumah kamu sulit dijangkau dan jauh dari keramaian sebaiknya kamu menyewa tempat di lokasi yang strategis. Saran dari Kula, carilah tempat usaha yang dekat dengan kos-kosan atau tempat tinggal penduduk dan cari penyewaan dengan harga yang murah agar kamu bisa menggunakan modal yang ada untuk keperluan yang lain. 

3. Membeli Peralatan Laundry 

Peralatan Usaha Laundry

Ketika modal usaha dinilai sudah cukup, ini waktu yang pas untuk membeli aset usaha yaitu peralatan laundry. Berikut ini beberapa peralatan laundry yang dibutuhkan:

Mesin cuci

Mesin pengering 

Setrika

Setrika uap

Timbangan

Deterjen

Pewangi Pakaian 

Rak baju

Hanger pakaian

Sebelum membeli pastikan kamu sudah membandingkan harga di platform marketplace seperti di Akulaku. Kula sarankan untuk menekan biaya modal yang dikeluarkan, beli produk diskon dan promo dari official store yang ada di platform marketplace. Sebagai pemula, cukup beli saja 2 mesin cuci. Jika bisnis laundry kiloan kamu lancar, nantinya kamu akan bisa menyusul membeli peralatan yang lain. 

4. Menentukan Harga 

Dalam praktiknya, menentukan harga usaha laundry harus disesuaikan dengan target market yang akan disasar. Jangan sampai harga yang sudah kamu tentukan tidak cocok dengan target market yang kamu tuju. Misal target market atau sasaran pasar kamu mahasiswa, namun kamu memberikan harga yang cukup mahal dan sulit dijangkau bagi kalangan mahasiswa. Hal tersebut nantinya akan membuat usaha kamu jadi sepi peminat. Selain itu, pastikan harga yang kamu tawarkan sesuai dengan kualitas dan pelayanan yang kamu berikan.

Beberapa elemen pendukung seperti listrik, biaya sewa tempat, perawatan aset, hingga gaji karyawan menjadi bagian yang tidak kalah penting dalam penentuan harga. 

5. Disiplin Waktu

Disiplin Waktu Usaha Laundry

Seperti peribahasa waktu adalah uang, cukup cocok dengan sistem bisnis laundry. Pasalnya, waktu menjadi hal yang krusial. Karena selain dari kualitas kebersihan hasil laundry, pelayanan ketepatan waktu juga dapat berpengaruh dengan tingkat kepuasan konsumen. Oleh karenanya, disiplin waktu menjadi elemen penting bagi pelaku bisnis laundry kiloan. 

6. Penentuan Variasi Pelayanan

Dalam usaha laundry terdapat beberapa kategori pelayanan. Mulai dari cuci gosok, jasa setrika atau jasa laundry express. Kamu juga bisa menyediakan layanan lain seperti laundry selimut, karpet, dan bed cover. Dengan adanya variasi tersebut diharapkan dapat membantu mengembangkan usaha laundry yang dijalankan. 

7. Kelola Keuangan Dengan Baik

Saat bisnis yang kamu rintis sudah berjalan dengan baik, mengatur pengeluaran dan pemasukan bisnis kamu menjadi salah satu elemen roda bisnis kamu agar berjalan dengan lancar. Pastikan segala pengeluaran yang dikeluarkan harus dicatat dengan baik dan rinci agar aliran uang yang keluar bisa terlihat jelas dan mengurangi resiko kebocoran biaya yang digunakan.  Selain itu, dengan adanya pengelola keuangan yang baik akan terlihat seberapa besar keuntungan yang kamu dapatkan ketika menjalankan usaha laundry kiloan. 

Nah untuk rincian biaya membuka usaha laundry berikut daftar rincian biayanya.

Untuk memulai usaha Laundry Kiloan, sebaiknya amati beberapa analisa modal beserta keuntungan agar tidak membengkak di akhir dan sesuai perhitungan.

1. Modal Awal Laundry Kiloan:

Ruangan kecil yang ada di rumah

Mesin cuci = Rp 3.700.000,-

2. Untuk Promosi:

Spanduk dan brosur = Rp. 400.000,-

3. Perlengkapan yang digunakan untuk Laundry:

Setrika = Rp 80.000,-

Hanger 1 gros+jepitan = Rp 10.000,-

2 Keranjang baju = Rp 100.000,-

Rak penyimpanan Baju = Rp 500.000,-

Sikat baju+gilesan+sprayer+selang 10 m  = Rp 100.000,-

Rak besi siku komplit = Rp 300.000,-

Timbangan 15 kg = Rp 100.000,-

3 buah ember besar Rp 100.000,-

Detergent + pewangi = Rp 100.000,-

Total = Rp 1.390.000,-

4. Biaya yang dikeluarkan untuk perbulan

Bayar listrik  = Rp 200.000,-

Bayar Air = Rp 200.000

Total = Rp 400.000,-

Jadi total keseluruhanya = Rp 5.890.000,-

Dengan total biaya yang dikeluarkan sekitar 5 juta lebih ini, apakah bisa mendapatkan banyak keuntungan dari Laundry Kiloan ini? Berikut perkiraan keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

Untuk pemasukan yang didapatkan perbulan:

Biaya laundry per kilo nya = Rp 6.000,-

Rata-rata per orang mencuci = 2 kg

Rata-rata jumlah orang yang Laundry = 30 orang

Hari efekif kerja per minggu selama 6 hari dikalikan 4 minggu = 24 hari

Jadi total pemasukanya sekitar Rp 6.000 x 2 kg x 30 orang x 24 hari = Rp 8.640.000,-

Untuk pengeluaran Laundry perbulan yaitu:

Biaya Listrik dan air = Rp 500.000,-

Pewangi, plastik dan detergent = Rp 300.000,-

Pemasukan bersih yang didapat dari Laundry yaitu Rp 8.640.000 - Rp 5.890.000 – Rp 800.000 = Rp 1.950.000,-

Jadi pada intinyanya setelah Anda membuka usaha Laundry Kiloan selama sebulan lebih, Anda bisa mendapatkan keuntungan bersih sekitar Rp 1.950.000,-. Jika Anda ingin merekrut pegawai, tentunya akan menambah biaya pengeluaran lagi.

Hitungan di atas belum termasuk biaya sewa kios. Jadi Anda bisa membuka usaha Laundry di rumah dengan ruang kecil terlebih dahulu dan jika usaha yang Anda lakukan sukses, Anda bisa membuka usaha ini menjadi lebih besar.

Itu tadi cara menghitung Analisa Modal dan Keuntungan membuka jasa Laundry Kiloan untuk harga diatas bisa disesuaikan dengan anggaran yang anda miliki dan bisa disesuaikan dengan daerah anda. Jadi Anda bisa mempersiapkan modalnya terlebih dahulu sebelum memulai usaha ini.

 

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post