Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Obat Dan Bahan Alami ini Mampu Mengatasinya - Centropedia

12 March 2019

Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Obat Dan Bahan Alami ini Mampu Mengatasinya

Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Obat Dan Bahan Alami ini Mampu Mengatasinya

Apa Itu Jerawat Batu?

Jerawat batu atau dikenal dengan cystic acne adalah jerawat yang paling membandel dan biasanya paling sulit dihilangkan serta meninggalkan bekas luka. Jerawat batu merupakan gangguan peradangan pada kulit di bagian kelenjar lemak. Peradangan ini disebabkan oleh sebum yang menyumbat pori-pori. Jerawat batu juga sering muncul di bagian wajah seperti, di pipi, hidung, dagu, jidat dan leher.

Ciri-Ciri Jerawat Batu

Bagaimanakan ciri-ciri seseorang memiliki jerawat batu ? Secara tampak mata ciri timbulnya jerawat batu adalah seperti berikut:

1. Ukuran lebih besar. Dipandang dari segi ukuran, jerawat batu mempunyai ukuran yang lebih besar jika dibandingkkan dengan jenis jerawat lain

2. Lebih keras dan sakit jika ditekan. Jika terasa sakit saat ditekan, dipastikan itu adalah jerawat batu. Ciri-ciri dari jerawat batu lainnya adalah jika menekannya dengan sangat kuat, maka akan terasa sakit berkelanjutan.

3. Menyebar dengan cepat. Perlu diketahuilah jerawat batu merupakan jenis jerawat yang sangat cepat menyebar ke seluruh bagian wajah. Terlebih jika kondisi wajah kotor maka jerawat akan menyebar sampai ke bagian leher.

Penyebab Munculnya Jerawat Batu

Apa saja yang menjadi penyebab munculnya jerawat batu di wajah ?

1. Faktor Genetik. Jerawat batu akan sangat mudah tumbuh pada jenis kulit wajah yang berminyak. Jika dikeluarga anda memang ada yang mempunyai masalah jerawat batu, kemungkinan besar bisa terjadi pada Anda. Apalagi jika jenis kulit wajah anda memang berminyak, usahakan untuk membatasi asupan makanan berminyak secepat mungkin. Supaya jerawat batu tidak dapat dengan mudah tumbuh.

2. Faktor Psikologis. Beban pikiran mengarah ke stress dapat memicu pertumbuhan jerawat batu. Hal tersebut disebabkan oleh otot-otot wajah yang tegang alhasil produksi kelenjar minyak di wajah naik & memicu perkembangan bakteri penyebab jerawat batu.

3. Kosmetik. Bukan karena produknya, tetapi karena anda tidak segera membersihkan wajah setelah selesai menggunakan kosmetik. Selalu bersihkan wajah dari sisa makeup sebelum tidur sebab apabila tidak maka kotoran sisa kosmetik akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

4. Konsumsi Pil KB. Bagi wanita yang telah menikah & harus mengkonsumsi pil KB, hal tersebut dapat memicu perkembangan dari jerawat batu. Sebab pil KB akan mengundang jerawat batu timbul karena terdapat perubahan yang imunitas pada tubuh.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

1. kentang

Kentang adalah jenis umbi-umbian dan sering digunakan sebagai bahan makanan. Ternyata anda juga bisa memanfaatkan kentang untuk menghilangkan jerawat batu.

Cara menghilangkan jerawat batu secara alami menggunakan kentang :

  • Kupas 1 buah kentang, lalu potong tipis.
  • Tempelkan potongan tipis tersebut pada area wajah yang terdapat jerawat batu.
  • Diamkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air dingin.

2. Kunyit, jeruk nipis dan madu

Cara menghilangkan jerawat batu secara alami menggunakan campuran dari kunyit, jeruk nipis dan madu :

  • Haluskan kunyit secukupnya, lalu tambahkan jeruk nipis dan 2 sdm madu.
  • Campurkan hingga merata dan berbentuk pasta, gunakan pasta ini sebagai masker wajah.
  • Diamkan dulu selama 10 menit, lalu cuci muka Anda dengan air bersih.

3. Putih telur

Putih telur mengandung enzim lusozim yang mampu menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat. Juga mengecilkan pori-pori kulit, serta mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

Cara alami menghilangkan jerawat batu menggunakan putih telur :

  • Siapkan telur, pisahkan kuningnya, ambil bagian putih telurnya saja.
  • Kocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat.
  • Biarkan selama 10 menit, lalu cuci muka Anda dengan air hangat.

4. Lidah Buaya

Tanaman Lidah buaya mengandung antioksidan, mineral, vitamin C dan E. Selain bermanfaat untuk perawatan rambut, ternyata juga bisa untuk menghilangkan jerawat batu dengan cepat :

  • Ambil daun lidah buaya, belah bagian tengahnya, lalu ambil gelnya.
  • Haluskan gel lidah tersebut, lalu gunakan sebagai masker wajah.
  • Diamkan sampai mengering, lalu cuci muka Anda dengan air bersih.

5. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C dan asam alpha hidroksi yang mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara menghilangkan jerawat batu menggunakan kulit jeruk :

  • Jemur dulu kulit jeruk sampai benar-benar kering.
  • Tumbuk haluskan kulit jeruk yang kering tersebut.
  • Tambahkan air secukupnya, lalu campur sampai berbentuk pasta.
  • Oleskan pasta tersebut pada area yang mengalami jerawat.
  • Diamkan beberapa saat sampai mengering.
  • Cuci muka Anda dengan air hangat.

6. bawang putih

Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi, juga sebagai anti-bakteri, bermanfaat untuk menghilangkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat batu dengan bawang putih :

Cara 1 :

  • Siapkan 3 siung bawang putih.
  • Kupas kulitnya, lalu tumbuk halus
  • Letakkan tumbukan halus tersebut pada area wajah yang mengalami jerawat atau peradangan.
  • Diamkan selama 10 menit, lalu cuci muka Anda dengan air bersih.

Cara 2 :

  • Ambil 2-4 siung bawang putih, kupas kulitnya.
  • Blender bawang putih tersebut dan tambahkan sedikit air.
  • Aplikasikan pasta tersebut tipis-tipis pada area wajah yang berjerawat.
  • Diamkanselama 10-20 menit, lalu cuci muka Anda dengan air bersih.

7. Jeruk nipis

Cara menghilangkan jerawat batu di dahi menggunakan jeruk nipis :

  • Ambil 3 buah jeruk nipis.
  • Belah masing-masing jeruk menjadi 2 bagian.
  • Tempelkan pada wajah Anda yang berjerawat.
  • Biarkan sampai mengering selama 15 menit.
  • Cuci muka menggunakan air hangat.

8. Tomat

Cara cepat menghilangkan jerawat batu menggunakan tomat :

  • Belah buah tomat menjadi 2 bagian, potong cukup tipis.
  • Oleskan potongan tomat pada seluruh area wajah Anda.
  • Biarkan selama 20 menit, sampai mengering.
  • Cuci muka Anda dengan air bersih.


Rekomendasi Obat Jerawat Batu Ampuh yang di Jual Di Apotik


Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Obat Dan Bahan Alami ini Mampu Mengatasinya

Jerawat pada dasarnya disebabkan adanya penumpukan sel kulit mati di pori-pori yang terakumulasi bersama dengan bakteri. Hal inilah yang menyebabkan jerawat meradang sehingga tampak merah dan bengkak. Untung saja saat ini sudah banyak obat jerawat tidak terkecuali jerawat batu yang tersedia di berbagai apotik. Nah, berikut 6 rekomendasi produk untuk mengatasi jerawat batu yang bisa kamu coba!

1. Quinoderm Cream 10%

Jika pada jerawat ringan kamu bisa menggunakan Quinoderm Cream 5%, namun jika kamu mengalami peradangan akut seperti jerawat batu, kamu bisa gunakan Quinoderm Cream 10% agar hasilnya lebih efektif. Kandungan obat ini adalah benzoil peroksida 10% dan potassium hydroxyquinoline suphate 0,5%. Cara menggunakannya mudah saja, kamu cukup oleskan cream ini ke area kulit yang terkena jerawat batu. Gunakan cream ini 1x dalam sehari.

Namun, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter kulit agar aman. Jika kamu mengalami iritasi maka kurangi dosisnya serta hindari area mata, hidung dan mulut ketika mengoleskan Quinoderm Cream. Selain mengatasi masalah jerawat batu, Quinoderm Cream juga dapat mengangkat sel kulit mati dan komedo sekaligus lho. Harga Quinoderm Cream ini dibanderol mulai dari Rp135.000 - Rp155.000.

2. Salcura Antiac Acne Clearing Spray

Meskipun Salcura Antiac Acne Clearing Spray adalah salah satu rekomendasi produk untuk mengatasi jerawat batu yang ada di apotik, namun kandungan yang ada di dalamnya adalah bahan-bahan herbal. Jika kamu tidak menyukai bahan-bahan kimia, maka Salcura Antiac Acne Clearing Spray adalah solusi yang tepat untuk kamu.

Kandungan bahan herbal di dalamnya telah terbukti ampuh mengobati berbagai jenis jerawat, komedo, dan bekas jerawat. Untuk kandungannya sendiri antara lain, asam salisilat 0,5% dengan air, gliserin, minyak biji bunga matahari, glyceryl cocoate, minyak biji anggur, dan ekstrak-ekstrak bahan herbal lainya.

Cukup semprotkan produk ini ke area kulit yang terkena jerawat batu, kemudian ratakan secara lembut dengan menggunakan kapas atau jari kamu yang telah dicuci bersih sebelumnya. Untuk hasil yang maksimal, gunakan 2x sehari. Meskipun dari bahan herbal, namun produk ini tetap harus jauhkan dari area mata, hidung, dan mulut karena obat ini hanya untuk pemakaian eksternal saja.

3. Panoxyl 10 Aquagel

Obat jerawat batu selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah Panoxyl 10 Aquagel. Sama seperti Quinoderm Cream 10%, kandungan benzoil peroksida yang ada di dalamnya adalah 10%. Hal ini akan membantu kamu mengeringkan dan mengempiskan jerawat batu dengan cepat. Panoxyl 10 Aquagel ini tidak mengandung alkohol sehingga tidak membuat kulit menjadi kering.

Selain benzoil peroksida 10%, kandungan yang ada di dalamnya adalah carbomer, di-isopropanolamine, propylene glycol, macrogol lauryl ether, sodium lauryl sulphate dan air. Saat mengoleskan pada area yang terkena jerawat, tetap hindari area mata, hidung, dan juga mulut ya, dan gunakan 1x saja dalam sehari. Harga dari Panoxyl 10 Aquagel ini adalah sekitar Rp80.000.

4. Freederm Fast Track Gel

Freederm Fast Track Gel juga ampuh mengobati jerawat batu. Gel ini diklaim mampu mengurangi efek kemerahan dari jerawat batu hanya dalam hitungan jam sehingga untuk proses penyembuhan dan pengempisan jerawat batu juga bisa semakin cepat.

Komposisi bahan yang terkandung di dalamnya meliputi, aqua, alkohol, C12-13 Pareth-12 Niaciamide, Magnesium, Alumunium Silikat, Hydroxypropyl, Methylcellulose dan Asam Sitrat. Oleskan dengan dengan gerakan memutar dan lembut gel ini pada area yang terkena jerawat batu, dan lihatlah hasilnya dalam waktu 3 jam. Karena ini termasuk obat yang cukup keras, maka sebaiknya jangan lanjutkan penggunaannya jika kamu mengalami tanda-tanda iritasi ya.

5. Acnecide 5% Gel

Obat jerawat batu yang juga ada di apotik selanjutnya adalah Acnecide 5% Gel. Kandungan Benzoil Peroksida pada obat ini akan membantu kamu mengobati jerawat batu. Selain itu, Acnecide 5% Gel juga memicu produksi gliserin yang akan melembapkan kulit serta dilengkapi teknologi mikrosphere yang dapat menyingkirkan minyak berlebih di kulit kamu sehingga jerawat batu akan cepat mengempis dan mengering.

Kandungan lengkap Acnecide 5% Gel yang perlu kamu tahu yaitu, Benzoil Peroksida 5%, docusate sodium, disodium edetate, poloxamer 182, carbomer 940, porpylene glycol, gliserol, colloidal anhydrous silika, sodium hidroksida dan air. Oleskan gel ini pada pagi dan malam hari sebelum tidur, namun tetap hindari area mata, hidung dan mulut. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga sekitar Rp180.000.

6. Brevoxyl Cream

Brevoxyl Cream ini juga obat jerawat batu yang bisa kamu beli di apotik. Harganya memang tergolong mahal, yaitu kisaran Rp250.000 - Rp300.000. Kandungan benzoil peroksidanya pun tidak terlalu besar, 4% saja namun sudah cukup membantu proses pengempisan dan pengeringan jerawat batu.

Kandungan lainnya yang ada dalam Brevoxyl Cream adalah cetyl alkohol, stearyl alkohol, simethicone, propylene glycol alginate, dimethyl isosorbide dan air. Sama dengan Acnecide 5% Gel, kamu bisa menggunakan cream ini 2x sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum kamu tidur. Hal yang perlu kamu ingat setelah memakainya adalah simpan di suhu yang kering dan dingin (di bawah 25 derajat celsius.)

Demikian artikel tentang Cara Menghilangkan Jerawat Batu di dahi ,hidung, dan pipi dengan Obat Dan Bahan Alami yang Mampu Mengatasinya dengan cepat. Semoga tips dan cara ini bisa membantu anda. Terimakasih...


Comments


EmoticonEmoticon