5 Efek Samping Akibat Sering Begadang - Centropedia

21 March 2019

5 Efek Samping Akibat Sering Begadang

5 Efek Samping Akibat Sering Begadang

Efek Samping Akibat Sering Begadang. Nonton bola memang seru apa lagi yang di tonton merupakan sebuah club sepak bola yang kita idolakan, meski harus begadang tidak tidur pada jam malam demi club kebanggaan bukan hal yang besar, padahal tidur malam merupakan waktu yang penting untuk mengistirahatkan tubuh.

Banyak hal yang akan terjadi bila kita kurang tidur pada jam malam hari salah satu pasti akan terasa sangat ngantuk pada siang harinya dan bias menggangu aktivitas kita pada siang hari tersebut. bahkan ada yang lebih parah lagi bisa menyebabkan beberapa gangguan pada kesehatan gara-gara sering begadang, seperti halnya berikut ini efek samping sering begadang di malam hari.

1. Daya Tahan Tubuh Melemah

Pada malam hari, merupakan bagian untuk mengistirahatkan anggota-anggota tubuh yang telah banyak melakukan pekerjaannya, karena Sistem kekebalan tubuh Anda memerlukan jumlah tidur yang cukup untuk dapat berfungsi dengan baik, sehingga tampa kita sadari tubuh akan menjadi cepat cape karena Akibat Sering Begadang bahkan Sel pembunuh alami (natural killer cell atau sel NK) mengalami depresi selama periode kurang tidur, menurut sebuah penelitian ‘FASEB Journal‘, yang telah dipublikasikan resmi oleh Federation of American Societies for Experimental Biology.

2. Obesitas

Penelitian lain juga membuktikan kalau kurang tidur mempengaruhi nafsu dan pola makan seseorang. Hal ini ada kaitannya dengan hormon. Karena jika tubuh tidak cukup beristirahat, hormon yang berhubungan dengan nafsu makan jumlahnya meningkat drastis. Sehingga pola makan yang tidak terkontrol akhirnya memicu obesitas.

3. Memicu Stroke

Meskipun Kita tidak punya faktor tertentu, seperti obesitas atau sejarah keluarga, risiko stroke dapat meningkat Akibat Sering Begadang, demikian menurut penelitian pada tahun 2012 lalu. Setidaknya orang dewasa yang tidur malam kurang dari enam jam sehari memiliki risiko stroke empat kali lipat lebih tinggi dari penyebab stroke lainnya.

4. Daya Ingat Berkurang

Otak yang memerlukan energi lebih besar dari anggota tubuh lainnya ketika berpikir, sangat mudah membuat tubuh jadi lelah, biasanya seseorang pun menjadi kurang fokus dan mudah lupa akibat sering begadang, bahkan bisa hilang sepenuhnya karena Proses penyimpanan memori yang terjadi ketika tidur akan terganggu jika seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan istirahatnya setiap hari.

5. Serangan Jantung

Bukan cuma stroke, Akibat Sering Begadang atau kurang tidur pun membahayakan kesehatan jantung seseorang. Sebab tidur terlalu sebentar membuat tubuh memproduksi hormon dan kimia yang mampu memicu penyakit jantung, demikian menurut penelitian pada tahun 2011 silam. Setidaknya, seseorang harus tidur lebih dari enam jam sehari untuk memangkas risiko penyakit jantung.

Demikian, Akibat Sering Begadang yang penulis bisa sampaikan, masih banyak lagi hal-hal yang bisa merusak tubuh Akibat efek samping Sering Begadang, jangan biyarkan Insomnia dan lain sebagainya tidak di atasi dengan cepat, usahkan selalu menjaga tidur anda lebih dari enam jam, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat para pembaca sekalian.
Comments


EmoticonEmoticon