4 Obat Herbal Untuk Diabetes Atau Kencing Manis, Dengan Daun Ini - Centropedia

27 April 2018

4 Obat Herbal Untuk Diabetes Atau Kencing Manis, Dengan Daun Ini

Kencing Manis atau Diabetes merupakan suatu penyakit pada seseorang yang mempunyai kadar gula di atas normal dan sangat tinggi. Penderita kencing manis atau diabetes biasanya bisa kita lihat bila seorang penderita mempunyai luka sekecil apapun tetapi tidak bisa kunjung sembuh bahkan berangsur-angsur akan menjadi semakin besar dan kadang tidak bisa di obati. Penyakit diabetes ini tergolong dari sekian banyak penyakit yang paling berbahaya, selain penyakit kanker dan jantung, kencing manis atau diabetes juga merupakan penyakit yang mematikan di dunia.

Obat herbal diabetes

Apa sebenarnya penyakit diabetes mellitus ?

Diabetes mellitus (DM) atau kencing manis merupakan sekumpulan gejala yang timbul pada seseorang, ditandai dengan kadar glukosa darah yang melebihi nilai normal (hyperglykemia) akibat tubuh kekurangan insulin , baik absolute maupun relative. Penyakit ini bersifat menahun alias kronis. Penderitanya dari bisa dari semua umur, Penyakit kencing manis atau diabetes mellitus bias timbul secara mendadak dn tidak bisa kita duga . Pada orang yang telah berumur , penyakit ini sering muncul tanpa gejala dan baru diketahui saat melakukan pemeriksaan rutin pada kesehatannya.

Gejala-gejala Diabetes/Kencing manis

Secara umum gejala yang ditimbulkan ialah selalu haus, sering kncing, banyak makan tetapi berat badan menurun, gatal-gatal, mata kabur, kulit kering, dan badan terasa lemah. Apabila gejala itu dibiarkan tidak terkendali, atau penderita tidak menyadari penyakitnya, maka bertahun-tahun kemudian akan timbul berbagai komplikasi kronis yang dapat berakibat fatal. Sebut saja penyakit jantung, terganggunya fungsi ginjal, gangguan kulit dan syaraf, kebutaan, pembusukan kaki, atau timbulnya impotensi. Yang merisaukan adalah beberapa kemungkinan komplikasinya.

Obat Herbal Diabetes Atau Kencing Manis

Obat herbal atau tradisional dari tanaman merupakan salah satu cara alternatif untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu mahal dan pastinya tanaman obat herbal untuk diabeted ini akan lebih aman di konsumsi.

Berikut ini daun untuk obat diabetes dari tanaman herbal yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes :

1. Daun Mengkudu

Daun mengkudu memiliki cukup banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah flavonoid. Kandungan flavonoid yang bisa ditemukan dalam buah mengkudu yang bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes  karena dapat menjaga keseimbangan gula darahnya dengan cara mencegah pembuatan gula di dalam organ hati. Selain flavonoid, buah mengkudu juga kaya akan antioksidan.

Caranya cara mengolah mengkudu untuk diabetes :
Siapkan 30 gram daun mengkudu (pace) dicuci bersih dan dikukus. Makan daun ini sebagai lalap (dimakan habis).
Lakukan cara ini secara rutin.

2. Daun Salam

Selain untuk penyedap suatu makanan daun salam juga sangat penting manfaatnya untuk meningkatkan kinerja insulin dalam darah dan dapat mengobati diabetes dan mengendalikan kadar glukosa darah.

Caranya mengolah daun salam untuk obat diabetes:
Siapkan 7 lembar daun salam, cuci dan direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring, minum 2x sehari masing-masing setengah gelas.

3. Daun Sambung Nyawa

Daun ini mengandung :
Glokosida.
Asam fenoliat.
Asam p-kumarat.
Asam kafeat.
Asam vanilat.
Asam benzoate.
Flavonoid.
Trihidoksi falvon.
Minyak atsiri.
Triterpenoid.
Steroid.
Saponin.

Semua kandungan tersebut sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit termasuk diabetes, serta mampu menjaga kesehatan tubuh anda.

Caranya mengolah daun sambung nyawa untuk obat:
Siapkan 7 lembar daun sambung nyawa segar, cuci bersih dengan air matang. Makan sebagai lalap.

4. Daun Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal dengan manfaatnya, selain untuk kecantikan lidah buaya juga diyakini mampu mengatasi penyakit diabetes.

Caranya mengolah lidah buaya untuk obat diabetes:
Siapkan 1 daun lidah buaya, cuci bersih, durinya dibuang. Potong-potong seperlunya, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Setelah dingin saring dan minum sehabis makan. Minum 3x sehari, masing-masing setengah gelas.

Nah itulah beberapa obat tradisional atau herbal yang mampu mengatasi diabetes. Bagi anda penderita diabetes tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa ramuan herbal untuk diabetes ini, karena ramuan tradisional merupakan ramuan yang sangat aman bagi tubuh. Terimakasih..

Comments