18 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Kecantikan Dan Mengatasi Penyakit - Centropedia

03 April 2018

18 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Kecantikan Dan Mengatasi Penyakit

Temulawak, salah satu tumbuhan umbi yang dapat di jadikan ramuan atau obat alami yang terkenal sejak jaman dahulu. Temulawak yang dikombinasikan dengan herbal lain seperti kunyit bahkan diyakini ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit ringan maupun penyakit berat. Selain untuk mengatasi berbagai penyakit, Temulawak juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Berikut beberapa manfaat temulawak :

18 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Mengatasi Berbagai Penyakit




1. Manfaat Temulawak Untuk Asam Lambung

Temulawak dapat mengobati Asam lambung naik atau magg. Kandungan kurkumin  pada temulawak yang sangat berguna untuk mengatasi masalah Asam Lambung.


2. Khasiat Temulawak Untuk Menambah Nafsu Makan Anak


Temulawak  bisa juga dijadikan sebagai obat untuk meningkatkan Nafsu makan terutama pada anak yang ssusah makan. Efek minyak atsiri yang terkandung pada temulawak dan bersifat karminativum dapat berperan sebagai penambah nafsu makan.


3. Khasiat Temulawak Untuk Kecantikan Wajah


Temulawak mengandung kaya akan antioksidan yang dapat menjadikan kulit wajah menjadi kencan dan lembut. Selain itu antioksidan tersebut bekerja untuk menangkal radikal bebas penyebab jerawat atau timbulnya jerawat.


4. Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Hati / Liver


Manfaat temulawak dapat memelihara kesehatan hati atau liver. Kandungan kalagoga yang terdapat pada temulawak dapat membantu memproduksi empedu di dalam hati dan merangsang pengosongan pada kandung empedu.


5. Khasiat Temulawak Mengurangi Radang Sendi


Temulawak memiliki kandungan kurkumin sekitar 100 mg fenibutazon yang dapat mengurangi radang sendi pada tubuh Anda.


6. Khasiat Temulawak Untuk Penyakit Kanker


Dengan adanya kandungan kurkumin pada temulawak juga dapat mencegah dan mengurangi penyakit kanker . Kanker merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya dan sangat mematikan, curcumin diyakini mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat dan mencegah sel-sel penyakit kanker lainnya.


7. Khasiat Temulawak Untuk Kolesterol


Ekstrak temulawak dapat membantu menurunkan Kolesterol tinggi. Manfaat temulawak untuk menurunkan kolesterol atau lemak darah sangatlah berdampak baik untuk kesehatan pada jantung.


8. Manfaat Temulawak Untuk Pencernaan


Temulawak juga diyakini dapat melancarkan proses pencernaan. Kandungan zat yang terdapat pada temulawak mampu merangsang produksi empedu yang dapat membantu meningkatkan pencernaan.


9. Manfaat Temulawak Untuk Melancarkan ASI

Temulawak juga dapat melancarkan dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui . Antioksidan yang terdapat pada Temulawak bermanfaat untuk mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi seperti protein dan asam lemak yang diperlukan untuk memproduksi ASI pada ibu menyusui.


10. Manfaat  Temulawak Untuk Jerawat


Jerawat dapat diatasi dengan mengkonsumsi temulawak caranya pun cukup mudah rebusan beberapa timpang temulawak dengan air secukupnya , lalu diminum untuk mengatasi jerawat pada wajah atau bisa dengan mengolahnya menjadi masker wajah untuk dibalutksn pada wajah yang berjerawat.


11. Manfaat Temulawak Untuk Kulit


Temulawak bekerja seperti kunyit pada kulit, yaitu dengan meningkatkan dan mencerahkan kulit dan wajah . Pemanfaatan temulawak untuk kecantikan kulit bisa menjadikannya sebagai masker, kita cukup memarut beberapa timpang temulawak lalu dibalurkan pada wajah kita diamkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air bersih, dengan rutin menggunakannya wajah secara perlahan akan tampak cerah secara alami dan tentunya membuat kulit jadi sehat tidak mudah berminyak dan jerawatan .


12. Menghaluskan kulit Dengan Temulawak


Temulawak dengan pemakaian rutin dapat secara efektif membuat kulit menjadi lebih halus. Caranya  adalah dengan meminum rebusan temulawak atau mengolah temulawak menjadi masker wajah atau pun kita bisa mengolahnya sebagai scub, dan digunakan pada sore atau malam hari.


13. Temulawak membantu Mengencangkan kulit


Temulawak dan kunyit dipercaya sebagai obat-obatan herbal tradisional alami yang bersifat antioksidan , yang dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan wajah berjerawat dan keriput, Penggunaan secara rutin dapat membuat kulit lebih kencang dan awet muda.

14. Mengobati Asam Lambung atau GERD

Temulawak dapat mengatasi asam lambung . Penyakit asam lambung selain disebabkan oleh berbagai macam seperti telat makan,stres, mengkonsumsi makanan berlemak dan bergas juga disebabkan oleh otot esofagus bagian bawah tidak dapat berfungsi dengan baik. Padahal, otot ini berfungsi untuk membuka dan menutup agar makanan tidak kembali atau asam lambung naik ke atas. Salah satu cara mengobati asam lambung secara tradisional dan alami  dapat dilakukan dengan rebusan air temulawak atau jamu temulawak yang terbuat dari ekstrak temulawak


15. Temulawak  Mengobati Tukak Lambung


Tukak lambung adalah kondisi dimana dinding lambung terkikis lalu luka , tukak lambung ini lebih parah dibanding maag biasa .  Tukak lambung biasanya diawali dengan sakit maag yang berkelanjutan karena penyebabnya seperti telat makan atau tidak menjaga makanan  . Untuk mengobati penyakit tukak lambung secara alami , kita dapat memanfaatkan rebusan rimpang temulawak dan kunyit lalu diminum secara rutin untuk mengatasi tukak lambung.


16. Temulawak Mengobati Gastritis 

Rebusan temulawak dapat mengobati gastritis pada lambung . Gastritis adalah jika jumlah gas dalam perut yang berlebihan dan menimbulkan begah, sehingga Anda harus segera mengatasinya . Jika ingin mengobati secara tradisional Anda bisa mengolah rebusan temulawak untuk diminum secara rutin untuk obati gastritis


17. Temulawak  Mengobati Kanker Lambung


Kurkumin diketahui mampu menghambat penyebaran kanker lambung. Kanker lambung adalah kondisi terparah dalam masalah penyakit lambung .


18. Temulawak  Mengobati Tumor Lambung


Selain menghambat penyebaran kanker, kurkumin pada temulawak juga mampu menghambat pertumbuhan tumor. Salah satunya adalah tumor lambung. Tumor lambung biasa disebut dengan polip lambung yaitu munculnya tumor disertai bintil-bintil di permukaan lambung. Penyakit ini biasanya diakibatkan karena mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung pengawet buatan, makanan yang diawetkan dengan diasinkan, dan merokok.

Nah itulah manfaat temulawak untuk kesehatan, mengatasi penyakit dan kecantikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan diperlukan adanya campuran dengan kunyit karena kunyit merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak kurkumin. Walaupun demikian, penggunaan dalam dosis besar dan jangka panjang tidak dianjurkan karena efek samping yang dimilikinya.
Comments


EmoticonEmoticon