13 Manfaat Daun Patikan Keboo Untuk Mengatasi Penyakit, Tanaman yang sering Kita İnjak - Centropedia

29 January 2018

13 Manfaat Daun Patikan Keboo Untuk Mengatasi Penyakit, Tanaman yang sering Kita İnjak


Banyak rumput ataupun tumbuhan liar yang kadang tumbuh subur di lingkungan sekitar kita. Dari sekian banyaknya tumbuhan kadang kita tak menghiraukannya dan kita anggap sebagai rumput biasa yang sering kita injak saat kita berjalan salah satunya jenis rumput atau tumbuhan yang bernama Patikan kebo, yang ternyata tumbuhan ini memiliki banyak manfaat bagi kita,namun dari sebagian orang tidak mengetahui akan khasiatnya.

Sesungguhnya Patikan Kebo memiliki faedah sebagai jenis obat herbal yang fantastis. 

Menurut analisis yang telah diuji oleh para ahli telah di jelaskan jika ekstrak etanol yang ada pada Patikan Kebo memiliki kesibukan antimikroba tertinggi pada baktieri Salmonella typhi yaitu bakteri yang memicu penyakit Tifus. 

Seperti yang di jelaskan bahwa seluruh bagian dari Patikan Kebo mulai dari daun, batang, bunga dan akar Patikan Kebo memiliki kesibukan anti­oksidan dengan urutan aktivitas anti-oksidan paling tinggi yakni daun, bunga, akar dan batangnya. Analisis yang lain juga menjelaskan bahwa ekstrak daun Patikan Kebo memiliki kesibukan larvasida dan pupisida pada vektor nyamuk malaria Anopheles stephensi. 

Lewat langkah turun temurun biasanya Patikan Kebo diperlukan untuk menyembuhkan sakit Asma dan masalah pandangan, obat batuk dan sariawan. 

Di Nigeria tanaman ini umum digunakan untuk menyembuhkan luka dan juga digunakan untuk pengobatan penyakit lantaran mikroba seperti gonorhea dan disentri. 

Berikut Manfaat Dan Khasiat Patikan Kebo Untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit :

1. Menyembuhkan Influenza

Ambil daun Patikan Kebo 1/2 genggam dicuci lalu rebus dengan air bersih, rebus dengan air 3 gelas hingga tersisa 3/4 nya.
Dinginkan lalu saring. berikan madu seadanya diminium 2 kali sehari. 

2. Menyembuhkan Bronchitis

Ambil daun Patikan Kebo 1/3 genggam bersihkan lalu giling halus, rebus dengan air 1gelas hingga menjadi 3/4 gelas dan madu 1 sdm, peras dan saring airnya lalu diminum 2 kali sehari. 

3. Mengatasi Batuk

Ambil daun Patikan Kebo secukupnya lalu  direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, lalu saring dan diminum sehari 2 kali.

4. Mengobati Disentri 

Ambil Patikan Kebo 1 genggam ditambah gula pasir (apabila berdarah) beri air secukupnya selanjutnya di dibiarkan sekitar 15 menit. Lalu diminum. 

5. Meelancarkan Buang Air Kecil

Ambil secukunya Patikan Kebo dan tambahkan air secukupnya, direbus. Untuk diminum 2 kali sehari.  

6. Mengobati bisul

Ambil Patikan Kebo secukupnya, tumpuk hingga lembut dan di oleskan pada bagian bisul. Lalu diamkan 

7. Mengatasi Thypus abdominalis

Ambil 1genggam lalu rebus dengan air secukupnya dan diminum 3 kali sehari. 

8. Mengobati Radang ginjal 

Ambil Patikan Kebo yang kering secukupnya atau bisa juga yang segar yang fresh direbus dengan air, lalu diminum.  

9. Mengobati Eksim 

Ambil Patikan Kebo ditambah 1/2 liter alk0hol dan rendam hingga 2minggu, setelah itu oleskan rutin untuk bersihkan eksim. 

10. Mengobati radang tenggorok 

Ambil daun secukupnya, rebus dengan air, lalu diamkan hingga menjadi hangat dan gunakan untuk kumur-kumur. 

11. Mengobati Asma  

Ambil 1 genggam Patikan Kebo kering direbus dengan 2gelas air hingga mendidih, angkat bila air menjadi 1gelas tunggu hingga hangat saring dan diminum 2kali sehari 1/2 gelas pagi dan sore.

12. Mengobati radang payudara 

Ambil satu genggam daun patikan Kebo dan 2 sendok makan kedelai, lalu  direbus dengan 2liter air hingga mendidih. Dinginkan dan disaring, diminum 2 kali, sehari 1 gelas.

13. Menyembuhkan mata merah 

Petik Patikan kebo lalu teteskan getahnya pada mata yang merah 2 kali sehari hingga pulih.


Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba..
Comments


EmoticonEmoticon