Mengenal macam benjolan pada bagian tubuh yang sering bikin kita cemas dan panik - Centropedia

07 November 2017

Mengenal macam benjolan pada bagian tubuh yang sering bikin kita cemas dan panik

Bila ada benjolan di tubuh Anda janganlah cemas. Namun Anda jangan meremehkan. Cobalah pergi ke dokter untuk pemeriksakan lebih dini, sehingga dapat teratasi.
Biasanya benjolan itu muncul di samping leher atau di bagian belakang telinga dan terasa sakit saat menengok ke kanan-kiri. 


Pembengkakan kelenjar getah bening seringkali menimbulkan kecemasan dan mengundang tanda tanya. Apakah pembengkakan itu hal normal, penyakit yang berbahaya atau suatu gejala dari penyakit ganas alias kanker?
Kelenjar getah bening merupakan salah satu organ vital yang menjadi bagian dari sistem pertahanan atau kekebalan tubuh. Tubuh memiliki kurang lebih 600 kelenjar getah bening. 


Hanya di beberapa tempat kelenjar bisa dikenali dengan mudah dan bisa diraba, yakni di leher, ketiak, lipatan paha, panggul, dan perut.
Fungsi kelenjar getah bening adalah sebagai tempat penyaringan antigen atau protein asing dari pembuluh-pembuluh getah bening yang melewatinya. Ibaratnya, kelenjar ini adalah pos penjagaan yang akan menjaring dan mendeportasi pendatang yang mengancam kesehatan tubuh.


Pembengkakan kelenjar juga bisa terjadi karena kanker akibat mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih), yang menjadi ganas dan tumbuh di berbagai organ termasuk kelenjar getah bening. Kalau kelenjar ini terserang kanker, disebut limfoma.

Biasanya benjolan berupa kanker mempunyai sifat menyebar ke jaringan atau organ sekitarnya maupun menyebar ke kelenjar getah bening tempat alirannya dan menyebar jauh melalui pembuluh darah ke paru, liver, tulang, otak dan lainnya.



Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut;


Getah Bening


Benjolan yang terbentuk pada daerah ketiak dan leher; misalnya di bawah rahang, belakang telinga, dan dasar tengkorak, serta di selangkangan biasanya merupakan suatu pembesaran kelenjar getah bening.
Pembesaran kelenjar getah bening ini biasanya terjadi karena adanya infeksi bakteri atau virus pada bagian tubuh di dekatnya.
Pembesaran kelenjar getah bening ini biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 3 minggu. Bila benjolan tetap ada selama lebih dari 3 minggu, maka segera periksakan diri Anda ke dokter terdekat.


Nodul Tiroid


Benjolan kecil yang teraba keras di leher bagian depan bawah biasanya disebabkan oleh pembesaran kelenjar tiroid, yang merupakan suatu tumor jinak.
Akan tetapi, untuk memastikannya dianjurkan agar Anda segera berkonsultasi dengan dokter terdekat.


Fibroadenoma


Fibroadenoma atau tumor jinak di daerah payudara biasanya mengenai wanita yang berusia antara 20-30 tahun.
Benjolan biasanya berbentuk bulat, sangat mudah digerakkan, dan sebagian besar tidak berbahaya.
Akan tetapi, jika benjolan terus membesar dan membuat Anda merasa khawatir, segera periksakan diri Anda ke dokter terdekat.


Kista


Kista dapat tumbuh di berbagai bagian tubuh, termasuk di daerah payudara dan daerah kemaluan. Kista dapat terasa sangat lembut dan berisi cairan.
Kompres kista dengan air hangat dan oleskan krim antibiot


Itulah ciri beberapa benjolan yang timbul pada tubuh.. semoga kita senantiasa di berikan kesehatan ya guys... amin
Comments


EmoticonEmoticon