5 manfaat bawang merah bagi kesehatan yang jarang orang ketahui - Centropedia

08 November 2017

5 manfaat bawang merah bagi kesehatan yang jarang orang ketahui

Hay guys.. saya akan bahas tentang bawang merah, pasti sahabat bloger tau dong pada tumbuhan yang satu ini.
Selain sebagai bumbu dapur dan penyedap makanan, ternyata bawang merah juga mempunyai banyak khasiatnya dan juga bisa mengobati berbagai penyakit lho..

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan yaitu adanya kandungan senyawa yang terdapat dalam bawang merah. Salah satu kandungannya yaitu organosulfur, baik itu pada bawang merah maupun bawang putih yang mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Beberapa penelitian menyebutkan, asupan bawang yang cukup tinggi sekitar 56 persen lebih rendah teserang kanker kolon dan 25 persen lebih rendah terserang kanker payudara.

Inilah 5 manfaat bawang merah bagi kesehatan :

1. Menyehatkan jantung


Pasti semua orang ingin memiliki jantung yang sehat. Untuk mendapatkan jantung yang selalu sehat, cara mudah yang bisa dilakukan yaitu memperbanyak mengonsumsi bawang merah. Vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam bawang merah mampu menyehatkan jantung, paru-paru hingga liver dari berbagai virus dan bakteri yang bisa sebabkan penyakit.

2. Perkuat sistem kekebalan tubuh

Mineral selenium yang terkandung dalam bawang merah terbukti berperan penting dalam melawan infeksi. Hadirnya komponen tersebut mampu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit.

3. Mengontrol diabetes

Rutin mengonsumsi bawang merah mentah diyakini mampu meningkatkan produksi insulin. Jadi, saat seseorang rutin makan bawang merah mentah, hal tersebut akan menyehatkan tubuh dan diabetes dalam tubuh pun juga bisa terkendali dengan baik.

4. Meningkatkan gairah seksual

Aroma kuat dari bawang merah yang kuat disebabkan kandungan alicin di dalamnya. Namun, senyawa tersebut juga mampu membantu meningkatkan aliran darah ke organ seksual.

5. Mencegah kanker


Salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia adalah kanker. Untuk dapat mencegah kanker, Anda bisa mengonsumsi bawang merah mentah. Dalam bawang merah terkandung banyak senyawa belerang juga sulfur. Kandungan senyawa tersebut mampu melindungi tubuh dari berbagai risiko kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker lambung, kanker usus dan kanker paru-paru.

Nah itulah manfaat bawang merah bagi kesehatan.. semoga bermanfaat.
Comments


EmoticonEmoticon